JAKARTA - dua dari tiga komplotan begal motor yang kerap meresahkan warga ditangkap aparat Satuan Reskrim Polsek Jati Asih, Kota Bekasi. Dua dari tiga pelaku ditangkap terkait kasus pembegalan yang menimpa Fahri Ramadhan (20) pada 2 April 2018 di wilayah kelurahan Jati Sari, tepatnya di kampung Pedurenan, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi.

"Korban tengah berkendara di wilayah kelurahan Jati Sari, tepatnya di kampung Pedurenan, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, sekira pukul 01.00 WIB. Pelaku berjumlah tiga orang berboncengan di satu sepeda motor, mempet korban," kata Wakapolsek Jati Asih, Kompol Bambang Sutaryo dalam keterangannya Kamis (12/4/2018).

Korban terjatuh hingga babak belur dianiaya dan membawa kabur sepeda motor Honda Vario milik korban. Ketiga pelaku adalah FI alias Oji (24), AM (18) dan T yang masih buron.


Sepeda motor tersebut kemudian dibawa ke penadah berinisial AS (28), untuk dipreteli dan dijual kembali.

Bambang mengatakan, ihwal pengungkapan kasus ini bermula dari laporan seorang pengusaha bengkel berinisial C. Pemilik bengkel itu curiga dengan spare part sepeda motor yang hendak dijual AS kepadanya karena dalam bentuk sudah terpisah.

"Saksi juga curiga karena bodi sepeda motor Vario sudah dicat pelaku. Akhirnya saksi melaporkan ke Polsek Jati Asih. Dari situ kami lakukan pendalaman," ujar Bambang.


Dari penelusuran yang dilakukan di kediaman AS, polisi menemukan sepeda motor Vario dalam kondisi sudah dibongkar. AS sendiri tidak dapat menunjukkan dokumen kepemilikan sepeda motor tersebut. "Dari keterangan ASdidapati sepeda motor tersebut berasal dari tersangka FI dan AM, sementara T sudah buron," kata Bambang.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.