BREAKINGNEWS.CO.ID-Ole Gunnar Solksjaer menghadapi ujian terbesar dari tugas manajerial Manchester United sejauh ini saat dia membawa timnya melawat ke Stadion Wembley, London, untuk menghadapi Tottenham Hotspur pada matchweek 22 Premier League. Duel Hotspur vs Manchester United digelar Minggu (13/1/2019) malam ini mulai pukul 23.30 WIB dipimpin wasit Mike Dean.

Solskjaer bisa menjadi manajer United pertama yang memenangkan enam pertandingan pertamanya di semua kompetisi, setelah ia membawa tim Setan Merah ke rekor 100 persen selama satu bulan terakhir ini. Kemenangan di sini akan membuat Ole Gunnar Solskjaer menyamai rekor Matt Busby, yang memenangkan lima pertandingan liga pertama di Premier League.

Namun, Solksjaer tidak sependapat jika Hotspur adalah ujian terberatnya, meski ia mengakui bahwa Hotspur adalah salah satu rival terberat dan ia mengupayakan agar pemainnya bermain dalam filosofi menyerang yang sama yang telah membuat Manchester United mencetak 16 gol pada lima pertandingan terakhirnya.

"Anda diuji setiap pertandingan di Liga Premier - tidak diragukan lagi - tapi tentu saja ini melawan tim teratas, tim teratas," kata Solskjaer.

"Jika kami ingin lebih dekat dengan mereka dan melewati mereka, kami membutuhkan kinerja yang baik dan hasil yang baik.

"Anda selalu beradaptasi dengan lawan apa pun. Kami memainkan salah satu tim terbaik di liga. Tentu saja kami harus menyadari kekuatan mereka.

"Tapi kita perlu menyerang tim. Itulah kekuatan kita, maju sebagai tim ketika kamu melihat kami sekarang, dengan cara kami bermain," papar Solksjaer.

Di paruh pertama musim kompetisi 2018-2019 Tottenham mempermalukan Manchester United 3-0 di Old Trafford pada medioa Agustus 2018, dan timnya Mauricio Pochettino bisa saja membuat double over atas Manchester untuk pertama kalinya dalam sejarah Liga Premier.

Dari sisi pemain, Hotspur kemungkinan besar akan memainkan Lucas Moura untuk menghadapi Manchester United ini.  Penyerang Brasil itu absen saat Hotspur mengalahkan Chelsea 1-0 di Carabao Cup pertengahan pekan lalu karena cedera lutut. Moura akan menghadapi tes kebugaran menjelang pertandingan Minggu tengah malam nanti. Lucas Moura mencetak dua dari tiga gol kemenangan 3-0 Hotspur pada Agustus lalu, satu gol oleh Harry Kane. Hanya Clint Dempsey di 2012/13 dan Jermaine Jenas di 2005/06 yang mencetak gol kandang dan tandang melawan Manchster United untuk Hotspur di Liga Premier.

Eric Dier (radang usus buntu) dan Victor Wanyama (lutut) absen, sementara Jan Vertonghen dan Mousa Dembele kembali berlatih tetapi tidak fit.

Di kubu Manchester United, Paul Pogba siap kembali bermain. Pemain timnas Prancis itu melewatkan kemenangan 2-0 timnya atas Reading di putaran III Piala FA akhir pekan lalu karena cedera di kaki kanannya. Solskjaer yakin salah satu gelandang terbaiknya itu siap untuk all-out di Wembley.

Marcos Rojo telah kembali ke negara asalnya, Argentina, karena cederanya membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih daripada yang diperkirakan, sementara Chris Smalling (kaki) diragukan dan Eric Bailly menyelesaikan skorsing tiga pertandingan.

Dari head to head kedua tim, Hotspur ingin memenangkan tiga pertemuan papan atas berturut-turut dengan Manchester United untuk pertama kalinya sejak September 1960.

Manchester United telah kehilangan tiga pertandingan tandang terakhir mereka di Liga Premier melawan Spurs - mereka baru saja kehilangan tiga dari 23 pertandingan pertama mereka melawan mereka dalam kompetisi antara 1992 dan 2014 (W12 D8).

Manchester United hanya menang empat dari 17 pertandingan tandang Liga Primer terakhir mereka di London (D4 L9).  Tottenham tidak pernah kalah dalam pertandingan liga kandang berturut-turut sejak Mei 2015, ketika mereka kalah dari Aston Villa dan Man City.

Setelah memenangkan empat pertandingan liga terakhir mereka melawan lawan 'enam besar' musim lalu, Manchester United tidak menang dalam lima pertandingan mereka musim ini (D2 L3).

Dari stastika pertemuan kedua tim di Premier League, dari total 53 pertandingan, Manchester United memenangkannya sebanyak 33 kali, sementara Hotspur hanya 9, dan 11 lainnya imbang. Manchester United mencetak 90 gol, Hotspur hanya 48.

Lima laga terakhir Manchester United vs Tottenham Hotspur
28-8-2018-Liga Primer: Manchester United 0-3 Tottenham
21-4-2018-FA Cup: Manchester United 2-1 Tottenham
1-2-2018-Liga Primer: Tottenham 2-0 United
28-10-2017-Liga Primer: Manchester United 1-0 Tottenham
14-5-2017-Liga Primer: Tottenham 2-1 United.