BREAKINGNEWS.CO.ID - Penyerang Timnas Korea Selatan, Son Heung-min telah kembali ke klubnya Tottenham Hotspurs setelah membela Korea Selatan di Asian Games 2018. Setibanya di Wembley, London, Son Heung-min langsung 'dipalak' oleh manajernya, Mauricio Pochettino.

Son sukses membawa Korea Selatan meraih medali emas di Asian Games 2018. Mereka mengalahkan Jepang di partai final 2-1 pada pertandingan yang digelar di Stadion Pakansari, Kab.Bogor, Sabtu (1/9). Bagi Son, sukses itu sekaligus menjadi penebusan wajib militer selama dua tahun.

Dengan meraih medali emas Asian Games, Son bebas wajib militer yang diwajibkan untuk pemuda berusia 18-26 tahun. "Oke. Pertama-tama saya mengucapkan selamat kepada dia. Sebab, ini menjadi sebuah kemenangan penting dengan dia bisa menghindari wajib militer. Ini menjadi sebuah poin besar buat dia," kata Pochettino seperti dikutip London Football, Jumat (14/9/2018).

Setelah memberikan pujian pada Son, Pochettino mencandai Son dengan meminta traktiran. "Kemudian selamat kepada klub karena klub sudah menyelamatkan aset penting. Di atas semua sejarah ini, apa hadiah buat saya? Saya sudah tanya kepada dia, mana hadiah buat aku Sonny? Saya ingin jam tangan atau makanan Korea," ujar Pochettino.

Pochettino terus mencandai Son. Ia mengatakan seharunya seluruh suporter Tottenham dan penggemar Son harus berterima kasih kepadanya. Sebab, dialah yang telah mengizinkan Son bergabung dengan timnas Korea Selatan.

"Ketimbang memberi selamat kepada dia dan klub, orang-orang mestinya memberikan selamat kepada saya dan berterimakasih kepada saya. Saya yang mengizinkan dia untuk bermain di sana. Enggak banyak kan manajer yang membolehkan pemainnya meninggalkan klub dan berisiko terhadap penampilannya kemudian," Pochettino berkelakar.

Siap Main Lawan Liverpool

Spurs melakoni bigmatch kontra Liverpool di Stadion wembley, Sabtu (15/9). Banyak pengamat menilai Son tak layak ditampilkan karena energinya dinilai sudah terkuras menjalani jadwal super-padat musim ini. Dalam waktu yang berdekatan, Son dua kali membela negaranya, Korea Selatan di dua turnamen mayor, Piala Dunia 2018, dan Asian Games serta serangkaian uji coba.

Ia juga mengikuti Spurs dalam uji coba pra-musim di Amerika Serikat, juga di Liga Primer. Total, terhitung sejak uji coba pra-Piala Dunia hingga akhir pekan ini kembali ke London, Son Heung-Min kurang lebih telah melintasi jarak perjalanan sejauh 76, 765 kilometer, dengan menit bermain mencapai 1418 menit. Namun, Son mengaku siap untuk memperkuat Spurs malam besok. "Saya pikir musim panas ini seperti musim panas lainnya, kecuali bahwa saya harus melakukan perjalanan sedikit lebih jauh. Saya memang selalu cenderung bermain lebih banyak di musim panas. Dan saya bukan satu-satunya pemain yang bermain lebih banyak. Kelelahan itu cuma alasan," katanya.