BREAKINGNEWS.CO.ID - Dalam membangun perekonomian, setiap lembaga mempunyai peranan yang amat strategis dalam menggerakkan roda perekonomian suatu negara. Seperti halnya Perhimpunan Lembaga Pedagang dan Petani Bunga Indonesia (PLPPBI). Dalam mewujudkan visi dan misi menumbuh dan mengembangkan pengusaha kecil dan menengah (petani dan pedagang bunga) 

LPPBI berperan aktif dalam membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan. Hal ini dikatakan oleh Ade Suhendra Ketua Umum PLPPBI menjelaskan Misi dan Visi menumbuhkembangkan serta mewadahi pengusaha mikro.

Selain itu, LPPBI juga menumbuhkembangkan kemampuan usaha dan meningkatkan kemandirian, kebersamaan, kekeluargaan dalam daya saing dan kewirausahaan pengusaha mikro, kecil dan menengah yang berwawasan lingkungan, keseimbangan kemajuan dan ekonomi secara nasional.

Menurut Ade, berperan aktif dalam pembangunan daerah akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan tercipta lapangan kerja sehingga terwujud pemerataan pendapatan dan terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan kemelaratan.

Sementara Ketua Dewan Pembina PLPPBI Haji Raden Deden Samsudin SH., mengatakan, Program kerja ini guna memperkuat peran para pengusaha mikro kecil dan menengah dengan berperan secara aktif dengan pemerintah pusat dan daerah untuk mengembangkan iklim usaha, terutama memperluas sumber pendanaan dan memfasilitasi agar dapat mengakses kredit perbankan dan lembaga keuangan bukan bank.

“Hal ini untuk memperkuat peran para pengusaha mikro dan kecil dalam bidang perdagangan dan pertanian bunga dan tanaman hias,” katanya.

Selain itu, PLPPBI berperan aktif sebagai mitra pemerintah pusat dan daerah agar terjalin hubungan yang saling menguntungkan dalam pelaksanaan usaha mikro, kecil dan menengah maupun usaha besar, dan juga membantu pemerintah dalam membentuk struktur pasar yang akan menjamin tumbuhnya persaingan usaha yang sehat termasuk membantu untuk mengawasi perorangan atau kelompok tertentu yang merugikan anggota lembaga.

Seperti diketahui, PLPPBI (Perhimpunan Lembaga Pedagang dan Petani Bunga Indonesia) Berkedudukan dan berkantor pusat di provinsi banten, ruko pasar moderen blok k 21 nomor 1, jalan pajajaran nomor 1, didirikan tanggal 10 februari 2018, Ketua Umum Ade Suhendra, Ketua Dewan Penasehat Drs. Heru Prayitno, Ketua Dewan Pembina Haji Raden Deden Samsudin SH.