JAKARTA - Aplikasi WhatsApp kembali menambahkan fitur terbarunya untuk pesan instan, kali ini berupa kemampuan untuk playback video YouTube secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp. Video Youtube tersebut dapat diputar di jendela kecil (picture in picture) WhatsApp dan tetap dapat ditonton meski pengguna telah berpindah ke obrolan orang lain. Dengan adanya fitur tersebut, maka pengguna dapat menonton video Youtube tersebut meski sedang chatting dengan teman.

Dengan demikian ketika pengguna sedang menonton video tersebut, penguna juga dapat melakukan chatting dengan teman untuk mengomentari isi video yang sedang diputar tersebut tanpa harus berhenti terlebih dahulu untuk menyaksikan video.

Tentunya dengan kehadiran fitur tersebut maka akan memudahkan pengguna untuk menonton video tersebut di WhatsApp, setelah sebelumnya pengguna harus menonton tautan video yang dikirimkan oleh teman dengan harus membuka aplikasi Youtube.

Tak hanya fitur baru itu saja yang disematkan oleh WhatsApp, fitur lainnya pun juga turut ditambahkan terkait dengan kemampuan perekaman suara. Jika dulu pengguna ingin merekam dan berkirim voice message harus menekan dan menahan tombol mikrofon, tetapi kini kita tak perlu repot-repot melakukan langkah tersebut.

Pihak WhatsApp dalam keterangannya menyebutkan bahwa untuk dapat merekam voice message, maka pengguna hanya perlu menyapukan jari ke atas untuk mengunci perekaman sehingga pengguna pun dapat terus merekam suara tanpa harus menahan jari. Fitur baru ini memiliki kemampuan playback video Youtube dan voice recording tanpa menahan jari, kini sudah dapat digunakan oleh pengguna yang menggunakan WhatsApp versi 2.17.81 di iOS.

Tentunya hal ini merupakan kabar baik untuk para pengguna WhatsApp karena kedua fitur baru tersebut dapat memudahkan pengguna tanpa harus repot-repot harus membuka video di aplikasi Youtube dan juga tak perlu repot lagi untuk menekan jari lama ketika ingin merekam pesan suara.