PEKANBARU - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan akan mengusung Lukman Edy untuk maju sebagai calon Gubernur Riau di Pilkada 2018. Lukman yang juga anggota DPR RI dari dapil Riau dinilai layak maju karena elektabilitasnya bagus berdasarkan hasil survei internal partai.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menegaskan, Lukman Edy ditunjuk sebagai cagub Riau dari PKB setelah internal partainya melakukan survei serta hasilnya memuaskan. "Saya tegaskan bahwa dalam Pilgub 2018 Riau, PKB mengusung Lukman Edy," kata Cak Imin, Selasa (14/11/2017).

Untuk maju di Pilgub Riau, PKB tidak bisa mengusung sendiri karena kursi di DPRD tidak cukup. PKB hanya memiliki 6 kursi di DPRD. Muhaimin menyebutkan partainya akan berkoalisi dengan Partai Demokrat yang saat ini memiliki 9 kursi untuk memenuhi kuota.

Saat ini PKB sudah melakukan penjajakan terhadap Demokrat. Bahkan PKB sudah mengincar Ketua DPD Demokrat Riau Asri Auzar untuk mendampingi Lukman Edy. "Tampaknya antara Pak Lukman Edy serta Asri Auzar sudah cocok," paparnya.

Lukman Edy pada Pilkada Riau 2013 juga maju sebagai cagub. Namun mantan Menteri Percepatan Daerah Tertinggal itu disandingkan dengan Ketua DPD PDI Perjuangan Riau, Suryadi. Namun kalah dari Annas Maamun yang saat itu menjabat Bupati Rohil.

BREAKINGNEWS.CO.ID