MAGELANG - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, membuka pendaftaran bakal calon bupati serta wakil bupati untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang.

Ketua DPC PKB Kabupaten Magelang, Suwarsa mengatakan, pendaftaran ini adalah tindak lanjut dari surat DPP PKB nomor : 23248/DPP-03/VII/2017 tentang Instruksi Persiapan Pilkada Serentak 2018.

"Pendaftaran dibuka mulai pada 29 Agustus 2017-6 September 2017. Sedangkan pengembalian berkas dimulai pada 29 Agustus 2017 hingga 9 September 2017," kata Suwarsa, Selasa (29/8/2017).

Menurutnya, pendaftaran itu terbuka untuk siapa saja, baik dari kader PKB maupun masyarakat umum.

Suwarsa mengakui, partai pimpinan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ini hanya memiliki 9 kursi di DPRD Kabupaten Magelang. PKB harus berkoalisi dengan partai lain agar dapat bertarung pada Pilkada 2018 mendatang.

"Ya, kami perlu berkoalisi dengan partai lain, karena kami hanya memiliki 9 kursi di DPRD. Tapi koalisi dengan partai apa, kami belum tahu, itu menjadi kewenangan DPP," katanya.

Suwarsa tidak menampik bahwa beberapa waktu terakhir pihaknya sudah melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai, salah satunya dengan PDI Perjuangan (PDI-P).

Beberapa nama kader PKB juga sudah diajukan mengikuti proses penjaringan melalui partai berlambang kepala banteng moncong putih itu. Meski demikian, pihaknya tetap harus membuka pendaftaran sesuai mekanisme partai.

"Itu komunikasi politik saja, itu wajar. Kami ingin menciptakan Pilkada Kabupaten Magelang sebagai momentum konsolidasi massal yang bagus, membangun semagangat gotong royong menuju rakyat Magelang yang sejahtera," katanya.

Baru beberapa menit dibuka, dua orang kader PKB Kabupaten Magelang sudah mengambil pendaftaran bakal calon bupati Magelang, yaitu Kaswadi serta Budiono.