JAKARTA - Wilayah lepas pantai selatan pulau New England di Papua New Guinea diguncang gempa berkekuatan 6,9 skala Richter pada Jumat (30/3/2018), memicu peringatan tsunami untuk garis pantai di sekitarnya.

Tidak ada laporan perihal korban atau kerusakan akibat gempa dangkal di dekat pantai, sekitar 162 km barat daya Rabaul itu. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengeluarkan peringatan ancaman untuk garis pantai negara yang terletak di 300 km dari pusat gempa.

"Instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas wilayah pesisir yang terancam harus mengambil tindakan untuk memberi informasi dan menginstruksikan setiap penduduk pesisir yang berisiko," kata PTWC dalam peringatannya.

"Orang yang berada di daerah pesisir yang terancam harus tetap waspada terhadap setiap informasi," imbuh peringatan itu seperti dikutip dari Reuters.

Otoritas Australia menuturkan tidak ada ancaman terhadap garis pantai Australia dari gempa, yang awalnya dilaporkan memiliki kekuatan hingga 7,2 skala Richter.

Papua Nugini, salah satu negara termiskin di dunia, masih terguncang setelah gempa bumi berkekuatan 7,5 skala richter mengguncang negara itu. Sedikitnya 100 orang tewas ketika tanah longsor mengubur sejumlah desa akibat gempa tersebut.