BREAKINGNEWS.CO.ID - Persija Jakarta meraih kemenangan besar atas Borneo FC pada laga perdana mereka di Grup D Piala Presiden 2019. Menghadapi Borneo FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (5/3/2019) Macan Kemayoran menang dengan skor telak 5-0. Lima gol kemenangan pasukan Ivan Kolev dicetak oleh Novri Setawan (15',23'), Bruno Matos pada menit ke19, Ramdani Lestaluhu pada menit ke-50 dan ditutup Heri Susanto pada menit ke-89

Dengan hasil ini, Persija menggeser posisi Madura United di puncak klasemen Grup D. Sebelumnya, Laskar Sapeh Kerrab sukses menaklukkan PSS Sleman dengan skor 2-0. Persija unggul selisih gol dari Madura United. Sementara itu, kekalahan ini bagi Borneo FC membuat mereka berada di dasar klasemen dengan poin 0 minus empat gol.

Persija tampil menekan sejak pluit pertama dibunyikan wasit. Tiga gol berhasil mereka sarangkan pada 45 menit pertama. Pesta gol Persija dibuka oleh Novri Setiawan. Ketika pertandingan baru berjalan seperempat jam, Novri mampu mengoyak gawang Nadeo Argawinata melalui tandukkannya memanfaatkan umpan matang dari Bruno Matos melalui tendangan bebas di depan kotak penalti.

Persija menggandakan keunggulan empat menit kemudian. Kali ini giliran Bruno Matos yang mencatatkan namanya di papan skor. Gelandang serang asal Brasil itu berhasil menuntaskan peluang dengan tembakan kaki kiri yang terukur. Persija kembali mencetak gol pada menit ke-23. Berawal dari kerja sama apik Bruno Matos, Riko Simanjuntak, dan Novri. Bruno mengirimkan umpan terobosan ke kotak penalti kepada Riko yang melepaskan umpan silang kepada Novri.

Bola lebih dulu dikontrol Novri sebelum melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan gawang. Skor 3-0 untuk Persija. Tertinggal tiga gol dengan cepat, Borneo FC berupaya memperkecil kedudukan. Akan tetapi, usaha mereka belum berhasil hingga babak pertama usai. Keunggulan Persija 3-0 bertahan hingga jeda laga.

Pada babak kedua, Persija tak mengendurkan serangannya meski telah unggul tiga gol. Lima menit waktu berjalan, Persija kembali mencetak gol melalui Ramdani Lestaluhu. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Borneo FC, Ramdani Lestaluhu sukses mengoyak gawang Nadeo melalui sepakan kerasnya. Skor berubah 4-0 untuk Persija. Unggul empat gol membuat pelatih Persija Ivan Kolev memilih untuk melakukan empat pergantian pemain sejak menit ke-72. Ramdani, Ismed, Riko Simanjuntak, dan Dany Saputra ditarik keluar.

Borneo sempat bangkit dan menekan pertahanan Persija di 10 menit akhir namun usaha Asri Akbar dan kawan-kawan tak membuahkan hasil. Ketika laga akan berakhir, Persija kembali mencetak gol. Pesta gol Persija ditutup oleh Heri Susanto. Lepas dari jebakan offside, Heri Susanto berhasil membobol gawang Nadeo setelah mengelabui kiper 21 tahun itu saat berhadapan satu lawan satu di dalam kotak penalti. Skor 5-0 mengakhiri pertandingan.

Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, Dany Saputra; Ramdani Lestaluhu, Bruno Matosm Rohit Chand; Riko Simanjuntak, Silvio Escobar, Novri Setiawan.

Borneo FC (4-5-1): Nadeo Argawinata; Diego Michiels, Javlon Guseynov, Jan Lammers, Abdul Rahman; Ambrizal Umanailo, Finky Pasamba, Wahyudi Hamisi, Asri Akbar, Renan Silva; Lerby Eliandry.