BREAKINGNEWS.CO.ID - Persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang, dipastikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, masih sesuai jadwal di kondisi new normal pasca pandemi Covid-19.

Menpora menyebut menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 sudah menjadi komitmen bagi Indonesia. Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut Menpora menegaskan apabila tidak ada perubahan rencana perihal tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.

"Tetapi karena sekarang kondisi pandemi, kami sesuaikan, ada yang harus dimodifikasi. Tentang bagaimana persiapan timnasnya itu menjadi kewenangan penuh dari PSSI, kami tidak akan ikut campur di dalam persiapan timnas, mungkin kalau dilihat sudah bagus, teruskan dan kalau ada masukan kami akan sampaikan," kata Menpora saat halal bihalal dengan awak media secara virtual, Selasa (26/5/2020).

Menpora Zainuddin memastikan pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait akan secara penuh turun tangan untuk membantu pelaksanaan dan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Termasuk di dalamnya renovasi dan perbaikan beberapa venue melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR).

Menpora belum bisa memastikan apakah dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada Mei sampai Juni 2021 mendatang akan berlangsung tanpa penonton. Keputusannya masih melihat situasi dan kondisi terkini wabah Covid-19 di Indonesia dan seluruh dunia.

"Tentu kami akan bicara dengan PSSI dan FIFA, berdasarkan kesepakatan bersama nanti seperti apa. Semua akan kami koordinasikan melalui Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Kemenpora untuk penyelenggaraannya," ucap Menpora.

Menpora menegaskan tidak mau mempengaruhi kebijakan PSSI menyoal Timnas Indonesia. Terlebih kebijakan pelatih terkait perekrutan pemain yang akan dipanggil dan sistem latihan yang digunakan.

"Kami cukup dilaporkan saja, yang penting target kita timnas harus berprestasi. Maka saya minta kepada Ketua Umum PSSI, konsentrasi betul untuk urusan timnas. Jadi kami serahkan, kami percaya betul kepada PSSI, kepada pelatih yang sudah ditunjuk oleh PSSI untuk menyiapkan strategi, mempersiapkan timnas menghadapi Piala Dunia 2021," ujar Menpora.