BREAKINGNEWS.CO.ID - Piala Dunia 2018 tuntas digelar. Prancis keluar sebagai juara setelah menjungkalkan Kroasia 4-2 pada laga final yang digelar di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam WIB. Empat gol kemenangan pasukan Didier Deschamps dicetak oleh gol bunuh diri dari Mario Mandzukic menit ke-18, penalti Antoine Griezmann (38'), Paul Pogba (59'), Kylian Mbappe (65'). Sementara itu, gol penghibur Kroasia dicetak oleh Ivan Perisic menit ke-28, dan Mario Mandzukic menit ke-69.

Antoine Griezmann Man of The Match

Dengan kontribusinya di tiga gol Prancis, Antoine Griezman meraih Man of The Match. Griezmann menjadi aktor utama gol pembuka Prancis pada menit ke-18. Berawal dari tendangan bebasnya, Mario Mandzukic salah mengantisipasi bola. Alhasil, tandukkannya justru mengoyak gawang sendiri. Setelah itu, sihir Griezmann kembali memberi keberuntungan untuk Prancis. Pada saat Kroasia berhasil menyamakan kedudukan melalui Ivan Perisic, Prancis mendapatkan penalti.

Griezmann yang mengambil alih tendangan pojok, bola mengarah ke tangan Ivan Rakitic. Setelah wasit mengamati VAR, Prancis mendapatkan hadiah penalti. Griezmann sendiri yang mengambil alih tendangan penalti berhasil mengkonversikannya menjadi gol.Griezman juga terlibat dalam gol yang dicetak oleh Paul Pogba. Berawal dari umpan lambung yang diarahkan pada Kylian Mbappe di sayap kanan, pemain 19 tahun itu berhasil memegang penguasaan bola dan kemudian mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Bola diterima Griezmann yang kemudian memberikannya kepada Pogba di luar kotak penalti. Pogba lalu mencetak gol ketiga Prancis dengan tendangan keras.

Didier Deschamps Sosok Ketiga Tersukses di Piala Dunia

Didier Deschamps menjadi sosok yang mungkin paling disanjung di sentero Prancis saat ini. Betapa tidak! Deschamps menjadi orang ketiga di sepak bola dunia yang berhasil mencatatkan namanya dalam daftar pemain dan sekaligus pelatih yang berhasil mengantar timnya memenangi kontes sepak bola paling bergengsi ini. Deschamps memimpin timnas Prancis saat memenangi Piala Dunia 1998. Dan kini Deschamps memimpin para pemainnya merebut gelar dengan mengalahkan Kroasia 4-2. Deschamps mensejajarkan namanya dengan Mario Zagallo (Brasil) dan Franz Beckenbauer (Jerman). Sebuah pencapaian luar biasa.

Luka Modric Raih Golden Ball

Kroasia bukan tanpa penghargaan, kapten mereka, Luka Modric meraih gelar Golden Ball Piala Dunia 2018. Modric membantu Kroasia ke final Piala Dunia dengan permainannya yang luar biasa. Kroasia dibawanya dengan menghancurkan pendapat banyak orang yang menyebut Vatreni tak mampu berbicara di di Piala Dunia. Luka Modric dengan segala kemampuan yang dimilikinya membantu Kroasia mengalahkan tim-tim tangguh seperti Argentina 3-0 pada fase grup. Setelah itu, mengalahkan Inggris pada babak semifinal. Modric mengalahkan Eden Hazard dari Belgia dan Antoine Griezmann dari Prancis, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga, untuk meraih gelar yang pernah dimenangi Lionel Messi pada Piala Dunia sebelumnya itu.

Kylian Mbappe Raih Pemain Muda Terbaik

Sementara itu, Mbappe dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia 2018. Dalam laga yang mengesankan melawan Kroasia. Penyerang milik Paris Saint-Germain itu termasuk di antara pencetak gol di final saat Les Bleus menundukkan Kroasia. Pemain berusia 19 tahun itu juga mencetak dua gol dalam kemenangan 4-3 Argentina di babak 16 besar, dengan eksploitasi Piala Dunia-nya di usia yang sangat muda Kylian Mbappe juaga sejajar dengan legenda Brasil, Pele, dengan rekornya sebagai pemain muda yang mampu mencetak dua gol dalam satu pertandingan Piala Dunia di fase gugur.

Thibat Courtois Raih Golden Glove

Penjaga gawang Belgia, Thibat Courtois, mendapatkan penghargaan sarung tangan emas alias Golden Glove. Dia berpengaruh dalam perjalanan timnya ke semifinal saat negaranya mencapai finish terbaiknya di turnamen, di urutan ketiga setelah mengalahkan Inggris 2-0. Pemain Chelsea itu menjaga clean sheet melawan Panama dan Inggris dua kali, sementara juga mengesankan dalam kemenangan atas Brasil, untuk mengalahkan finalis Hugo Lloris dan Danijel Subasic.