BREAKINGNEWS.CO.ID – Para punggawa Timnas Indonesia memiliki tekad untuk menjuarai ajang Piala AFF 2018. Mereka ingin melepas status ‘spesialis runner-up’ yang disandang oleh Indonesia dalam turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Hal itu disampaikan oleh penjaga gawang Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa, seusai menghadiri acara AFF Trophy Tour di Jakarta, Minggu (4/11/2018). "Kami ingin pertama kalinya menjadi juara. Seperti yang saya bilang, terlalu banyak kita jadi runner-up." "Semoga 2018 kita bisa membawanya (Piala AFF) ke Indonesia," kata pemain Persija Jakarta itu.

Hal serupa juga disampaikan gelandang timnas Febri Haryadi. Menurut Febri, keikutsertaannya pada Piala AFF 2018 menjadi spesial karena merupakan penampilan perdananya bagi timnas senior dalam sebuah turnamen internasional.

"Semua pemain ingin juara," ujar pemain Persib Bandung tersebut. Dia menambahkan, "Kami akan berusaha semampu kita." "Urusan juara atau tidak, Tuhan yang mengatur," ucap pemain Persib Bandung ini.

Piala AFF merupakan turnamen sepak bola antar negara-negara Asia Tenggara yang digelar tiap dua tahun sekali. Sejak mulai berlangsung tahun 1996, Indonesia memang belum pernah meraih juara. Adapun prestasi terbaik yang pernah dibuat Indonesia adalah menjadi lima kali runner-up, masing-masing pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan hingga Selasa (6/11) pagi, dan akan bertolak ke Singapura pada sore harinya. Tim Garuda akan menghadapi Timnas Singapura dalam pertandingan pertama Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11/2018).