BREAKINGNEWS.CO.ID - Pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018 antara Timnas Indonesia melawan Filipina berakhir imbang dengan skor 0-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Pertandingan Timnas Indonesia lawan Filipina berjalan monoton di babak pertama. Timnas Indonesia kesulitan membongkar pertahanan Filipina walaupun bisa bergantian melakukan serangan. Serangan-serangan Timnas Indonesia sering patah sebelum bola memasuki kotak penalti lawan. Sementara itu Filipina menghadirkan sejumlah peluang di babak pertama termasuk juga saat tendangan Stephan Schrock yang melebar di sisi kiri gawang.

Mengakhiri babak pertama dengan skor 0-0, Timnas Indonesia serta Filipina sama-sama bertekad untuk bisa lebih dulu memecah kebuntuan. Pada menit ke-56, Riko Simanjuntak dijatuhkan oleh Daisuke Sato di kotak penalti. Akan tetapi wasit tidak melihat insiden tersebut layak dijatuhi hukuman penalti.

Pada menit ke-59, tendangan bebas Andik Vermansah di sisi kiri pertahanan Filipina bisa dengan mudah diamankan oleh penjaga gawang Filipina, Michael Falkesgaard. Tidak lama berselang, serangan balik Filipina berhasil membuat Manuel Ott bebas di depan gawang. Akan tetapi Andritany berhasil membendung tembakan dari jarak dekat tersebut. Pada menit ke-60, Filipina menghadirkan ancaman melalui tendangan spekulasi Daisuke Sato. Sato melepaskan tembakan dari jarak sekitar 40 meter yang membuat Andritany harus berjibaku menepis bola keluar.

Upaya Timnas Indonesia untuk menggedor pertahanan Filipina dilakukan dengan memasukkan tenaga baru Irfan Jaya serta Dedik Setiawan. Akan tetapi Timnas Indonesia masih kesulitan membuka pertahanan Filipina. Pada menit ke-88, Manuel Ott melepaskan tendangan bebas berbahaya akan tetapi Andritany dengan gemilang membendung tembakan tersebut.

Pada masa injury time, Ott kembali mengancam melalui tendangan dari luar kotak penalti. Namun Andritany sukses membendung tembakan tersebut. Skor 0-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan Pemain Indonesia vs Filipina:

Timnas Indonesia

Andritany Ardhiyasa; Putu Gede, Hansamu Yama, Fachruddin Aryanto, Rizki Rizaldi Pora; Evan Dimas, Zulfiandi; Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah

Filipina

Michael Falkesgaard; Daisuke Sato, Carlos Martinez, Martine Steuble, Alvaro Silva; Manuel Ott, Stephan Schrock, John Strauss; Philipp Younghusband, Jovin Bedic, Patrick Reichelt.