BREAKINGNEWS.CO.ID - Persija Jakarta sukses mendulang tiga angka dalam lawatannya ke markas Shan United, Myanmar. Bermain dalam tajuk laga kedua Grup G di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (12/3/2019), Macan Kemayoran menang dengan skor meyakinkan 3-1.

Persija sejatinya tertinggal lebih dulu dari tim tuan rumah pada menit ke-14. Yan Naing Oo yang bergerak dari sisi kanan kotak penalti Persija melepaskan umpan tarik yang membuat kelabakan pemain belakang Macan Kemayoran. Bola liar kemudian disambar Reo Nakamura. Skor 1-0 untuk keunggulan Shan United.

Tertinggal satu gol, Persija mencoba bangkit dan meningkatkan serangan. Dua peluang pun kembali tercipta melalui Silvio Escobar dan Bruno Matos yang belum berhasil membobol gawang wakil Myanmar tersebut. Persija masih kesulitas untuk menyamakan kedudukan. Sebab, dalam pertandingan ini pasukan Ivan Kolev tampil dengan kekuatan yang tidak sempurna lantaran sejumlah pemain dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan di Australia.

Persija hampir saja menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-43. Hanya saja, kebertuntungan belum menangungi Persija lantaran tendangan Bruno Matos masih membentur mistar gawang Shan United. Hingga wasit meniupkan babak pertama usai, skor 1-0 untuk tim tuan rumah tetap bertahan.

Pada babak kedua, Persija langsung mengambil alih serangan. Peluang pertama mereka dapatkan pada menit ke-55 melalui kerja sama apik antara Bruno Matos dan Riko Simanjuntak di kotak penalti. Namun, Umpan teronosan Bruno yang disambut Riko dengan umpan silang masih bisa diamankan kiper Myo Min Latt.

Pada menit ke-63, Ivan Kolev melakukan pergantian pemain dengan memasukan Sandi Sute dan menarik Ramdani Lestaluhu. Pergantian itu ternyata tepat, permainan Persija lebih efektif. Hingga akhirnya, Persija dapat menyamakan kedudukan melalui Bruno Matos. Dia berhasil memanfaatkan umpan terobosan dari Heri Susanto dan meeruskan tembakan kaki kiri terukur.

Pada menit ke-77, Persija akhirnya dapat membalikkan keadaan melalui Stevan Paulle. Pemain asal Prancis itu dapat menceploskan bola melalui sontekkanya di dalam kotak penalti setelah memanfaatkan umpan matang dari Ismed Sofyan melalui tendangan sudut.

Bruno Matos menjadi penutup gol kemenangan Persija menjadi 3-1 pada menit ke-83. Berawal dari serangan balik yang diawali oleh Riko Simanjutan, lalu mengoeper bola ke Rohit Chand. Bruno Matos yang terkawan menerima umpan dan melakukan tendangan terukur ke sudut kiri dari dalam kotak penalti. Tim tuan rumah sempat memberikan tekanan kepada Persija setelah tertinggal dua gol.

Namun, hingga wasit meniupkan pluit akhir, skor tak berubah untuk kemenangan Persija 3-1. Dengan hasil ini, Persija untuk sementara menempati puncak klasemen sementara Grup G dengan poin 4 dari dua pertandingan. Pada laga perdana, Persija bermain imbang 0-0 melawan Becamex Binh Duong

Susunan Pemain Shan United vs Persija Jakarta

Shan United (4-2-3-1): Myo Min Latt; David Htan, Hein Thiha Zaw, Htike Htike Aung, Ye Min Thu; Set Phyo Wai, R. Nakamura; Zin Min Tun, Hédipo, Yan Naing Oo; Rogerio Maycon.

Persija Jakarta (4-1-4-1): Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, Steven Paulle, Maman Abdurrahman, Dany Saputra; Rohit Chand; Riko Simanjuntak, Bruno Matos, Ramdani Lestaluhu, Heri Susanto; Silvio Escobar.