BREAKINGNEWS.CO.ID -   Hujan yang kembali mengguyur Jakarta pada Rabu (1/1/2019) malam, membuat banjir di sejumlah wilayah makin tinggi. Warga yang semula bertahan di rumah masing-masing, mulai meminta untuk dievakuasi ke pengungsian atau lokasi yang lebih aman.

Salah satu yang terus menjalankan tugas tersebut adalah  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Petugas yang diturunkan lembaga ini di sejumlah titik  terus menyisir berbagai titik untuk membantu masyarakat terdampak banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Tak hanya membantu  prosess penyelamatan,  Baznas juga  mendistribusikan makanan siap saji kepada warga korban banjir di Rumah Susun (Rusun) Bidara Cina, Kampung Melayu, Jakarta Timur. Dengan menggunakan 2 perahu karet, tim menembus banjir yang sudah mencapai 1,5 hingga 2 meter dan merendam sejumlah pemukiman warga.

Tim harus menembus ketinggian banjir dan kondisi listrik yang padam untuk dapat mencapai lokasi rusun.  "Warga yang tinggal di lantai dasar rusun sudah mengungsi ke rumah tetangga di lantai yang lebih tinggi karena banjir sudah merendam rumah mereka. Namun kondisi mereka kekurangan makanan karena terjebak tidak dapat turun, sehingga kami langsung bagikan makanan siap santap," kata Anggota Tim BAZNAS Tanggap Bencana  (BTB), Ade Hilman di sela aksinya.

Sementara itu satu tim lain bergerak menuju kawasan Kembangan, Jakarta Barat untuk melakukan evakuasi warga yang malam ini belum dapat bergerak ke lokasi pengungsian. Untuk mencapai lokasi ini, tim beberapa kali harus berhenti karena terkendala dengan banjir yang menggenangi jalanan.

Tim bergerak menggunakan mobil rescue dan membawa sejumlah peralatan evakuasi, termasuk perahu karet.

Dapur Umum

Pada saat bersamaan, Baznas juga   mendirikan dapur umum dan dapur air minum di sejumlah titik terdampak banjir di Jakarta dan Depok, Jawa Barat untuk melayani kebutuhan masyarakat yang terdampak banjir.

Melibatkan partisipasi masyarakat setempat, posko dapur umum dan dapur air minum ini menyediakan kebutuhan makan dan minum masyarakat terdampak. Hingga malam ini, Tim Baznas masih melayani masyarakat di lokasi dapur umum, antara lain di Kampung Makassar, Jakarta Timur; Kampung Jawa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan; Jati Baru, Cinere, Depok, Jawa Barat serta Kebon Manggis, Jakarta Timur.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Irfan Syauqi Beik mengatakan, diantara korban bnajir terdapat balita, lansia dan ibu hamil yang membutuhkan asupan makanan layak. Sehingga terus meningkatkan layanan dasar agar para korban terjaga kesehatannya.

"Baznas melibatkan para amil seluruh bagian kerja untuk melayani masyarakat di sekitar tempat tinggalnya yang terdampak banjir. Pasokan logistik terus dikirim ke titik-titik tersebut agar sebanyak mungkin korban banjir terlayani," katanya.

 

Saat ini tim terus bergerak menambah personil dan bantuan karena masih banyak kantong-kantong pengungsian yang belum tercukupi kebutuhan dasarnya. Selain makanan dan minuman, Baznas juga telah mendistribusikan peralatan kebersihan diri, diaper serta menyediakan layanan kesehatan.