BREAKINGNEWS.CO.ID - Keberhasilan Lalu Muhammad Zohri menjadi juara dunia U-20 di Finlandia tentunya membuat bangga Indonesia. Oleh karena itu, sprinter 18 tahun tersebut diundang untuk bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia, alias Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018).

Zohri yang ditemani ketua umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Mohamad 'Bob' Hasan dan Sekjen PB PASI Tigor M. Tanjung keliling Istana Bogor. Mereka menghabiskan waktu lebih kurang lima menit dengan berjalan beberapa puluh meter sambil berbincang santai. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga sempat menunjukkan batas-batas halaman Istana Bogor dan hewan yang ada di Istana Bogor, seperti kuda, kambing dan ikan.

Presiden Jokowi yang didampingi menteri pemuda dan olahraga Imam Nahrawi, berpesan kepada Zohri untuk menampilkan kemampuan terbaik saat Asian Games 2018 dan giat berlatih serta rendah hati. "Saya menitip pesan kepada yang kita banggakan ini, Zohri, untuk latihan terus dengan kegigihan, semangat, dan ambisi besar.Agar apa yang sudah dicapai dipertahankan. Tetapi saya tanyakan tadi yang terpenting untuk Asian Games," kata Presiden Jokowi kepada wartawan.

Zohri mengaku senang dan bangga bisa diajak keliling Istana Bogor. Atlet Atlet asal Lombok, Nusa Tenggara Barat itu tak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Jokowi. "Saya berterima kasih banyak undangannya sehingga saya bisa masuk Istana yang luar biasa ini. Itu saja," ucap Zohri.

Zohri menjadi juara pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018). Pada perlombaan tersebut, Zohri bersaing dengan tujuh sprinter lain yakni Daisuke Miyamoto (Jepang), Michael Stephens (Jamaika), Henrik Larsson (Swedia), Thembo Monareng (Afrika Selatan), Dominic Ashwell (Inggris), Anthony Schwarts dan Eric Harrison yang keduanya berasal dari Amerika Serikat. Zohri finis dengan catatan waktu 10,18 detik.

Sprinter kelahiran Mataram, NTB, yang 1 Juli lalu berusia 18 tahun itu berlari lebih cepat 0,04 detik dari Anthony Schwarts dan Eric Harrison yang menghuni peringkat kedua dan ketiga.