BREAKINGNEWS.CO.ID - Presiden Joko Widodo dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73 mengatakan jika masyarakat Indonesia harus mengedepankan persatuan dan kesatuan demi pembangunan bangsa. "Spiritnya menurut saya harus terus optimis, membangun kerukunan, persatuan dan kesatuan," katanya, Jum'at (17/8/2018).

Selain itu, dirinya juga menambahkan jika seluruh elemen bangsa untuk dapat memberikan porsi yang lebih banyak dalam kerukunan, kesatuan dan persatuan. Pasalnya, stabilitas politik dan stabilitas keamanan merupakan modal paling fundamental yang diperlukan dalam membangun bangsa ini kedepannya.

Begitu juga dengan pesan yang disampaikan Jokowi melalui akun Twitter miliknya. Menurutnya, kesatuan dan persatuan bukan hanya demi pembangunan negeri. Melainkan hal itu juga menjadi kekuatan agar Indonesia disegani oleh bangsa lain. "Bangsa Indonesia yang tetap bersatu, berbagi dan peduli pada sesama anak bangsa membuat negeri ini bukan hanya sekadar nama atau gambar sederetan pulau di peta dunia, melainkan menjadi sebuah kekuatan yang disegani bangsa-bangsa lain di dunia," demikian tulisnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak mengenakan pakaian adat Aceh saat mengikuti upacara peringatan kemerdekaan RI ke-73 di Istana Presiden, Jakarta pada Jum'at (17/8/2018). Lantas, apa alasan Jokowi memilih untuk mengenakan pakaian adat Aceh itu dalam HUT Kemerdekaan RI?

Jokowi pun mengatakan jika Indonesia sendiri terdiri dari 714 suku yang mendiami 34 provinsi serta 154 kota dan kabupaten. Menurutnya, hampir di setiap suku tersebut memiliki pakaian adat masing-masing. Dirinya pun mengaku hanya ingin menunjukkan betapa kayanya Indonesia dengan ragam adat budayanya. "Negara kita kan tradisinya banyak sekali. Pakaian adatnya ratusan, bahkan mungkin ribuan. Jadi banyak pilihan dan yang saya pilih, ini," ujar Jokowi, sesaat sebelum mengikuti upacara bendera.

Adapun, busana yang dikenakan Jokowi itu tidaklah disewa atau dibeli. Agar tetap pas dan muat di badan, Jokowi mengaku menjahit sendiri busana tersebut. Begitu juga dengan Ibu Negara Iriana Jokowi. Ia tampak mengenakan busana adat Minangkabau, Sumatera Barat.

Sebelum mengikuto rangkaian upacara kemerdekaan tersebut, Iriana juga sempatmengabadikan momen tersebut bersama dengan Jokowi dengan ponsel pribadi miliknya. Hal itu dilakukan di dalam ruangan kerja presiden, persis di balik pintu.