BREAKINGNEWS.CO.ID - Liga 1 2018 akhirnya kembali bergulir setelah PSSI mencabut status penghentian pada Selasa (2/10). Persija Jakarta akan melakoni laga pekan ke-24 melawan Perseru Serui di Stadion Patriot Chandaraba, Bekasi, Senin (8/10/2018), pukul 18.30 WIB.

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra, mengakui saat ini timnya tetap bugar meski  hampir dua pekan Liga 1 dihentikan. "Persija sudah menjalani jadwal yang panjang sejak awal tahun kemarin. Waktu situasi pertandingan berhenti, kami juga memanfaatkan situasi untuk istirahat. Tentunya bagus untuk persiapan melawan Perseru membuat kami lebh siap," kata TEco, begitu sapaan akrabnya.

Selama masa rehat kompetisi, tim berjulukan Macan Kemayoran hanya memberikan libur latihan kepada pemainnya selama dua hari. Terakhir, Ismed Sofyan Cs terus mengasah strategi untuk menyiapkan laga kontra Perseru pada latihan rutin di Lapangan PSAU TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (5/10/2018).

"Kami perkuat sentuhan bola pendek dan panjang, ini sebagai variasi untuk persiapan dan kami akan coba lawan Perseru," tutur Teco. "Dalam latihan saya terus memantapkannya terutama dalam small set game kemarin," ucapnya.

Persija untuk sementara menempati peringkat ke-4 klasemen dengan torehan 36 poin dari 23 laga yang sudah mereka mainkan. Mereka berselisih 1 poin dengan Bali United di tempat ketiga, dua poin dengan PSM Makassar di tempat kedua, dan delapan poin dengan Persib Bandung di puncak klasemen.

Pemain Pengganti Siap Dimainkan

Menghadapi Perseru Serui, Persija tidak dengan skuat lengkap. Sebab, ada tiga pemain yang tidak bisa diturunkan karena terkena sanksi dari Komisi Disiplin PSSI. Mereka adalah Ismed Sofyan, Sandi Sute, dan Renan Silva. Masih ada lagi Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanusa yang dipanggil ke timnas Indonesia untuk uji coba melawan Myanmar dan Hong Kong. Kendati demikian, Teco menegaskan para pemain penggantinya sudah siap jika diturunkan. "Saat pemain inti hilang dari tim, tim pelatih harus membantu pemain lain untuk benar-benar siap menggantikan pemain yang hilang," kata Teco.

Pelatih asal Brasil itu pun memastikan para pemain pengganti punya tekad dan kesiapan yang sama saat nanti diturunkan. "Semua pemain yang akan menjadi pengganti sudah berlatih keras setiap hari. Itu sangat bagus buat tim," ucap Teco.