BREAKINGNEWS.CO.ID - Klub ibukota Jakarta, Persija, gagal mengalahkan Arema FC di pekan ke-12 Liga 1 2019. Klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut sempat unggul 2-1, namun akhirnya harus puas berbagi angka 2-2 dengan Singo Edan.

Bermain di kandang sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (3/8/2019), Persija banyak menekan tim tamu Arema. Tuan rumah mengambil inisiatif serangan sejak peluit kick off babak pertama dibunyikan. Dimotori oleh Bruno Matos, serangan Persija beberapa kali membahayakan Arema. Akan tetapi, tim tamu cukup tenang pada menit-menit awal.

Tim tamu justru membuat kejutan pada menit ke delapan. Serangan yang dilancarkan pemain Arema berhasil membawa keunggulan 1-0, di mana Hanif Sjahbandi berhasil membobol gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa. Berawal dari umpan tarik Arema, Ryuji Utomo membuat kesalahan saat berusaha membuangnya. Bola mendarat di kaki Hanif, yang langsung melepaskan tendangan kaki kiri dan mengirim bola masuk ke gawang Persija.

Persija coba membalas. Pada menit ke-19, Marko Simic nyaris menyamakan skor. Mendapatkan ruang yang baik, striker asal Kroasia itu justru gagal mengonversi umpan terukur Rezaldi Hehanusa. Satu menit berselang, Persija akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Berkat gol dari Novri Setiawan yang merobek gawang Kurniawan Kartika Ajie.

Berawal dari tendangan bebas Rezaldi, Riko Simanjuntak, di sisi kiri kotak penalti Arema, bisa meneruskan bolanya ke tengah. Novri, yang berada di sisi kanan, bisa menyontek bolanya masuk ke dalam gawang. Usai skor kembali imbang, Persija banyak menekan Arema. Tercatat, Simic, Rohit Chand, dan Bruno Matos, punya kans bagus untuk membobol gawang Arema. Akan tetapi, semua peluang itu tidak berhasil dikonversi menjadi gol. Skor 1-1 tetap bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Persija kembali mengontrol permainan. Pada menit ke-51, Simic pun akhirnya bisa membawa Persija berbalik unggul dengan skor 2-1. Berawal dari umpan kepada Riko di kotak penalti, winger lincah itu bisa menguasai bola dan tinggal berhadapan dengan Kartika. Namun, Riko menyodorkannya kepada Simic yang berdiri bebas, tanpa kesulitan striker berusia 31 tahun itu menceploskannya ke gawang Arema.

Arema tak banyak membuat ancaman untuk menyamakan skor. Terlebih Sylvano Comvaliusharus ditarik keluar pada menit ke-68 akibat cedera. Serangan-serangan dari kesebelasan asal Malang itu pun tak banyak membahayakan. Sementara Persija masih terus menekan Arema. Di menit-menit akhir, Persija punya beberapa peluang lewat Simic dan Novri, namun tak ada gol tambahan tercipta.

Justru Arema yang bisa membuat kejutan di masa injury time. Berawal dari serangan ke kotak penalti, Ahmad Nur Hardianto, yang masuk menggantikan Comvalius, bisa menyamakan skor menjadi 2-2 usai sepakan jarak dekatnya tak mampu dibendung Andritany di menit ke-90+4. Laga pun berakhir 2-2. Hasil ini membuat Persija sementara belum keluar dari zona merah di klasemen Liga 1 2019, yakni tertahan di peringkat 17 dengan baru mengoleksi 7 poin dari 8 laga. Adapun Arema bertahan di peringkat empat dengan 19 poin dari 11 laga.


Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Rezaldi Hehanusa (Heri Susanto 71'), Ryuji Utomo, Tony Sucipto, Ismed Sofyan (Dani Saputra 83'), Sandi Sute, Rohit Chand, Bruno Matos (Ramdani Lestaluhu 61'), Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Marko Simic.

Arema FC: Kurniawan Kartika Ajie, Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Agil Munawar, Hanif Sjahbandi, Pavel Smolyachenko (M Rafli 46'), Makan Konate, Dendi Santoso (Ricky Kayame 76'), Rivaldi Bawuo, Sylvano Comvalius (Hardianto 68').