JAKARTA - Agenda balap sepeda tahunan internasional Tour de Singkarak (TdS), Sumatera Barat, sudah enam kali diselenggarakan, termasuk tahun 2017. Saat ini TdS 2017 digelar 18 hingga 26 November mendatang. Balap  sepeda tahunan ini terlaksana berkat kerja sama Persatuan Balap sepeda internasional (Union Cycliste International), Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata Daerah, dan Amaury Sport Organisation, yang menjadi penyelenggara Tour de France di Perancis.

Kejuaraan pertama diadakan ada tahun 2009 dan menempuh lintasan sepanjang 464,7 km. Titik start di kota padang, melintasi kota bukittinggi, sawahlunto, danau kembar, dan finish di Dermaga Danau Singkarak.

Gengsi balap sepeda ini semakin ditingkatkan. Terbukti dengan persiapan yang semakin matang. pada tahun awal, dengan jumlah 4 etape menempuh jarak 464,7 km. Kemudian jarak tersebut terus ditambah, jumlah kota yang dilalui pun juga bertambah. Pada Tour de Singkarak 2016, jarak tempuh mencapai 1.100 km, dan melewati hampir seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Tour de Singkarak 2017 akan menempuh sembilan Etape, dengan melalui 18 Kabupaten kota dan Propinsi dengan total jarak 1226.2 kilometer. Pada balapan kali ini Pembalap asal Iran Ghader Mizbani yang sempat terjatuh jelang finis etape 2 kemarin masih bisa melanjutkan balapan hari ini dan start di garis depan. Dia menyandang yellow jersey atau pemimpin klasemen umum.

Sementara tepat di belakangnya berdiri Daniel Whitehouse (Inggris), peraih Green Jersey atau raja sprint, Khorsid Khail (Iran) peraih Polkadot Jersey atau raja tanjakan dan Aiman Cahyadi (Indonesia) peraih Red and White Jersey.

Pada Etape ke-3 ini, pembalap mulai Start di gedung pertemuan Pancasila, Muaro Sijunjung kemudian akan melewati kawasan perkampungan Adat - Lintas Sumatera - Tanjung Gadang - Kiliran Jao - Sungai Kambut - Kantor Bupati Dharmasraya - Simpang Duo - Sitiung - Koto Baru. Lalu dilanjutkan ke Sitiung II - Sungai Rumbai - dan Finish Gelanggang Olah Raga Dharmasraya.