JAKARTA---Upaya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mempermudah layanan donasi melalui media social, untuk diteruskan kepada pada mustahik terus berlangsung. Hal tersebut dilakukan sebagai cara untuk terus mengimbangi tren zaman dan selera masyarakat. Langkah terbaru yang dilakukan adalah dengan menggandeng sebuah aplikasi media sosial dalam negeri bernama OORTH.

Oorth sendiri adalah aplikasi media sosial yang memfasilitasi pengguna untuk berinteraksi dengan komunitasnya baik komunitas sosial maupun bisnis dalam memaksimalkan pertemanannya. Kerjasama dan penggunaan aplikasi tersebut secara resmi diluncurkan  di Jakarta, Jumat (12/1/2018).  

“Baznas kembali berinovasi dengan mengembangkan cara-cara termudah dalam berbagi dengan mengikuti gaya hidup pada masa kini yakni dengan menyediakan layanan zakat melalui media sosial. Lembaga kami terus mendorong lahirnya model media sosial yang bukan hanya sekedar untuk berkomunikasi namun juga cara yang cocok untuk masyarakat Indonesia yang gemar membantu satu sama lain,” kata Deputi Baznas, Arifin Purwakananta saat peluncuran program tersebut.

Ia juga tidak lupa menyampaikan rasa terimakasih kepada perusahaan tersebut karena telah mempermudah berzakat bagi masyarakat yang hendak menyalurkan kewajiban mereka tersebut.

Sementara CEO Oorth Krishna Adityangga mengatakan.”Selain digunakan untuk berkomunikasi, bersosial dan berinteraksi dengan banyak orang,  lni masa miliknya ini  juga memfasilitasi pengguna untuk  berdonasi dengan cara  lebih mudah. Salah satu fitur yang disediakan untuk berdonasi ialah melalui Skypay. “Jika ada pengumpulan donasi, pakai Oorth juga dapat lebih mudah. Tidak perlu ribet pakai banyak rekening,” kata Krishna.

 Cukup mudah memang berdonasi melalui aplikasi OORTH ini. Pengguna dapat melakukan pembayaran zakat sambil bermain media sosial. Diharapkan dengan adanya aplikasi media sosial jenis ini, dimanfaatkan dengan baik untuk memaksimalkan donasi yang terkumpul. Dengan kultur gotong royong dan kebersamaan yang kuat, media sosial bisa  digunakan sebagai sarana tolong menolong dan berbagi rezeki.

Sebelumnya, Baznas telah  juga memiliki beberapa strategi dalam bidang ini. Pertama, penggalangan dana melalui platform digital   seperti website, fanpage    sosial media serta   apps store  dengan  nama muzaki corner. Kedua, menggunakan platform komersial, sehingga pembayaran zakat dapat dilakukan pada kanal-kanal belanja digital.