BREAKINGNEWS.CO.ID - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Jilid III, Brigadir Jenderal Polisi Hendro Pandowo mengatakan kasus pengaturan skor di liga Indonesia tidak lepas dari adanya peran bandar judi. Karene itu pula, perlu ada sinergitas untuk memajukan persepakbolaan di tanah air.
 
"Tidak terlepas dari bandar judi," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (18/2/2020).
 
Untuk itu, penyelidikan keterkaitan bandar judi dilakukan. Hal ini juga masukan dari pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga. Hari ini sendiri, Satgas bertemu dengan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot Dewa Broto.
 
"Kita dalami terkait dengan peran mereka untuk mengatur skor sepak bola di Indonesia," kata Hendro.
 
Sementara itu, Gatot menambahkan sinergitas antar instansi pemerintah bisa memperkecil kemungkinan pengaturan skor dalam pertandingan sepakbola di Tanah Air. Dengan demikian, Indonesia bisa melahirkan pemain sepakbola yang profesional. Hal ini berkaca pada sinegritas federasi sepak bola di Eropa. 
 
"Saat itu, saya ada di Eropa. Ternyata di sana, sinergitas antara pemerintah dan federasi kayak PSSI-nya itu bagus. Makanya, di sana itu sangat kecil kemungkinan pengaturan skor," kata Gatot menambahkan.