BREAKINGNEWS.CO.ID – Tim nasional Kroasia berhasil memastikan diri lolos ke partai final Piala Dunia 2018 usai menaklukan Inggris 2-1 pada Kamis (12/7/2018) dini hari WIB i Saint Petersburg Stadium, Rusia. Sempat tertinggal, Kroasia berhasil membalikan keunggulan pada babak tambahan lewat gol Mario Mandzukic di menit ke-109.

Dengan kemenangan ini, Kroasia pun memastikan diri lolos ke babak final dan akan berjumpa dengan Prancis yang sudah terlebih dahulu lolos usai membungkan Belgia dengan skor tipis 1-0.

Paruh pertama berjalan, Inggris Inggris sebenarnya berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-5. Berawal dari tendangan bebas, Kieran Trippier yang menjadi eksekutor berhasil melepaskan tembakan melengkung yang tak mampu dibendung oleh penjaga gawang Kroasia, Danijel Subasic. 1-0 Inggris memimpin.

Kieran Trippier lakukan selebrasi golnya ke gawang Kroasia (Foto: Dok.Twitter)

Unggul satu gol, Inggris pun tampil semakin percaya diri. Mereka pun terus menggempur lini pertahanan Kroasia hingga pertengahan paruh pertama. Namun Kroasia yang tertekan berhasil mengancam pada menit ke-20 melalui Ante Rebic. Namun sayang tendangannya masih berhasil diamankan dengan baik oleh Jordan Pickford.

Kroasia yang tertinggal satu gol pun mencoba untuk menyamakan skor. Mereka pun mendapat peluang pada menit ke-33. Umpan mendatar Ivan Perisic ke mulut gawang Inggris, berhasil dihalau oleh Ashley Young yang membuat Rabic gagal melepaskan tembakan. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda paruh pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Inggris pun tetap bertahan.

Usai turun minum laga justru berbanding terbalik. Kroasia yang terus tertekan di paruh pertama, justru berhasil mendominasi jalannya pertandingan sejak awal laga. Mereka berkali-kali berhasil mengancam gawang Inggris yang dikawal Jordan Pickford.

Bahkan pada menit ke-68, Kroasia berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Ivan Perisic. Memanfaatkan umpan silang Sime Vrsaljko, ia berhasil menyambar bola dan mampu merobek gawang Pickford.

Ivan Perisic ketika berhasil membobol gawang Inggris (Foto: Dok. Twitter)

Laga kembali imbang, Kroasi terus menerus menggempur lini pertahanan Inggris. Hal ini pun membuat The Three Lions tak mampu mengambangkan permainannya. Namun hingga wasit meniup peluit panjang, tidak ada lagi gol yang tercipta dan harus di lanjutkan ke babak tambahan.

Pada 15 menit pertama, Inggris mencoba untuk menguasai jalannya pertandingan. Mereka pun coba menerapkan permainan seperti di paruh pertama. Hasilnya mereka pun mampu menguasai jalannya pertandingan. Meski begitu, Inggris masih belum mampu mencetak gol.

Akan tetapi justru Kroasia yang berhasil mencetak gol pada 15 menit kedua tepatnya di menit ke-109 melalui aksi Mario Mandzukic. Penyerang Juventus itu dengan cerdik mampu meloloskan diri dari kawalan pemain belakang Inggris dan membobol gawang Pickford.

Mario Mandzukic rayakan selebrasi gol yang membawa Kroasia lolos ke partai final Piala Dunia 2018 (Foto: Dok.Twitter)

Gol Mandzukic ini pun menjadi gol terakhir di laga ini. Berkat kemenangan ini, Kroasia pun berhak melaju ke partai final dan akan menantang Prancis. Sementara Inggris yang takluk di laga ini akan memperebutkan tempat ketiga melawan Belgia.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Kroasia: Subasic, Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic, Rakitic, Brozovic, Rebic, Modric, Perisic, Mandzukic. Cadangan: Livakovic, Corluka, Kovacic, Kramaric, Jedvaj, Bradaric, Caleta-Car, Badelj, Pjaca, Pivaric, Lovre Kalinic.

Inggris: Pickford, Walker, Stones, Maguire, Trippier, Alli, Henderson, Lingard, Young, Sterling, Kane. Cadangan: Butland, Rose, Dier, Vardy, Welbeck, Cahill, Jones, Delph, Rashford, Loftus-Cheek, Alexander-Arnold, Pope.