BREAKINGNEWS.CO.ID-Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018).

Di hadapan peserta upacara, Anies menyampaikan pesan agar para generasi muda senantiasa berani melakukan terobosan di semua bidang dalam rangka menambah kesejahteraan. Di mana menghandirkan negara kuat dan makmur menjadi kepentingan para generasi mudah saat ini.

“Karena itu, pahlawan di zaman sekarang adalah yang bisa menambah kesejahteraan (dengan cara) memiliki terobosan di semua bidang. Jadi, tidak terbatas pada bidang pemerintahan saja,” tutur Anies.

Para generasi muda tersebut, lanjut Gubernur Anies, harus mampu berkarya di semua bidang agar tercipta Indonesia yang lebih baik. “Kalau istilah dalam pidato Hari Pahlawan adalah ‘Indonesia Bisa Bersaing dan Bersanding’ dengan negara lain di semua bidang, termasuk di bidang kreativitas dan seni,” ujarnya.

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI meminta pada seluruh peserta dan masyarakat supaya peringatan Hari Pahlawan tidak hanya sebagai ritual tahunan tapi juga sebagai juga harus diterapkan dengan cara perkuat pilar kenegaraan.

Sebagai informasi, Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah ‘Semangat Pahlawan di Dadaku’ yang mengandung makna sesuai fitrahnya, dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan. Setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.