BREAKINGNEWS.CO.ID - Bagi kebanyakan anak perempuan, sosok boneka Barbie adalah sejati yang selalu tampil sempurna, cantik, langsing dan bisa didandani sesuka hati. Bertepatan Hari Batik Nasional yang diperingati pada hari ini, Selasa (2/9/2018). Barbie meluncurkan koleksi terbarunya, Barbie Batik Kirana.

Koleksi boneka cantik yang terinspirasi dari keberagama budaya Indonesia ini juga menjadi sarana untuk memperkenalkan batik secara luas. Apalagi, Barbie diminati anak-anak di banyak negara.

Kali ini, Barbie berkolaborasi dengan label fesyen Batik Iwan Tirta Private Collection. Melalui kolaborasi tersebut, Barbie meluncurkan dua koleksi boneka terbarunya yakni Kawung Manis dan Sawunggaling Latar Kopi Pecah.

Sebagai bagian dalam pelestarian kekayaan budaya bangsa dan untuk merefleksikan lebih baik untuk anak-anak perempuan di Indonesia saat ini. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman akan keunikan batik untuk generasi masa depan.

Country Manager Mattel Southeast Asia, Ivan Franco, merasa bangga atas kesempatan bekerja sama degan Iwan Tirta Private Collection dalam mempromosikan dan mendukung nilai serta budaya Indonesia.

"Iwan Tirta Private Collection senang dapat berkolaborasi dengan Barbie untuk meningkatkan pemahaman dan menumbuhkan kecintaan terhadap batik di kalangan generasi muda Indonesia," ujar CEO Iwan Tirta Private Collection Widharmika Agung dalam peluncuran Barbie Batik Kirana di Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Mengusung nama Barbie Batik Kirana, memiliki arti cahaya. Dari sanalah akhirnya diturunkan dan mendapatkan dua motif yang pas dengan arti nama Kirana. Motif Kawung Manis menggambarkan harapan untuk selalu bijaksana, rendah hati dan ingat terhadap leluhur.

Sedangkan motif Sawunggaling Latar Kopi Pecah menyimpulkan harapan seorang pemimpin sebaiknya berlaku adil dan menjaga keseimbangan sebagai seorang yang kuat dan baik hati.

"Dari arti Kirana itu kita turunkan menjadi motif-motif tadi. Jadi kita bercerita tentang batik dengan Barbie ini," terang Era Soekamto, Creative Director Iwan Tirta Private Collection.

Untuk proses pembuatannya dibutuhkan waktu sekitar delapan bulan hingga boneka ini bisa diluncurkan. Barbie Batik Kirana ini dijual dengan harga Rp299.900 di semua gerai Barbie dan Iwan Tirta Private Collection.