BREAKINGNEWS.CO.ID - Dalam rangka memeriahkan peringatan persahabatan Indonesia dan Jepang ke-60, sebuah konser bertajuk Indonesia-Jepang Music Festival akan diselenggarakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 8-9 September 2018 di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Sehari jelang konser peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang, pada hari, Jumat (7/9/2018) menggelar Reception Party atau pengenalan artis dari Indonesia dan Jepang yang akan tampil dalam konser Indonesia-Jepang Music Festival.

Acara ini dibuka penampilan dari JKT48, dan kata sambutan dari duta besar Jepang untuk Indonesia, H.E, Ishii Masafumi dengan sambutannya mengatakan terima kasih sudah hadir di Reception Party ini yang merupakan salah satu proyek festival musik peringatan 60 tahun diplomatik kedua negara.

“Terima kasih atas kedatangannya pada Recepsi sambutan festival musik yang merupakan salah satu proyek peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara, serta kerja sama, pada kesempatan peringatan ini kita telah menyelenggarakan berbagai proyek peringatan untuk mendorong perputaran masyarakat untuk membangun lebih lanjut kedua negara,” ujar Duta Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi.

Ishii Masafumi, duta besar Jepang untuk Indonesia.

Festival musik diplomatik Indonesia Jepang Music Festival ini bertepatan dengan pembukaan Jakarta-Japan Matsuri ke-10 yang telah telah dinantikan banyak orang, festival musik ini bertujuan untuk mendorong lebih lanjut pertukaran kebudayaan kedua negara.

“Saya berfikir Jepang dan Indonesia, kedua negara sebagai mitra, akhir kata saya berharap dua hari ini proyek yang luar biasa mempererat kedua negara, saya juga akan menonton acaranya sebagai penonton,” tambah Ishii Masafumi.

Dalam konser ini sejumlah musisi dari Indonesia dan Jepang akan tampil dalam menyajikan lagunya masing-masing, dan menghibur para pengunjung, serta mempromosikan pertukaran budaya antara kedua negara. Mereka adalah Duo Kiroro yaitu Chiharu Tamashiro (vokalis) dan Ayano Kinjō (piano), AKB48, Sukima Switch, JKT48, Isyana Sarasvati, dan Andien.

Dalam acara ini, para pengisi acara memperkenalkan diri mereka dengan mengunakan bahasa Jepang dan telah di terjemah oleh penerjemah bahasa Indonesia. Diantaranya duta persahabatan Jepang Indonesia, Nakagawa Haruka dan Duo Kiroro.

“Perkenalkan nama saya Ayano Kinjo, terima kasih telah mengundang di acara peringatan yang sangat penting ini saya akan menyanyi dua hari, saya berharap bisa bertemu banyak orang dalam kesempatan ini,” ujar personel piano, Kiroro.

“Nama Saya Takuya Ohashi, selaku vokalis Sukima Switch, dalam kesempatan ini saya merasa bangga karena dapat diundang dalam acara peringatan 60 tahun hubungan persahabatan Indonesia Jepang, kami akan menyanyikan dalam bahasa Jepang, semoga rintangan bahasa dapat melampaui hubungan kita semua sehingga pesan yang kami sampaikan dapat sampai kepada kalian,” ujar vokalis Sukima Switch.

“Nama saya Shintaro Tokita, terima kasih atas uundanganga, kami akan berusaha agar tidak dianggap bahwa artis Jepang hanya sebegini saja,” ujar pemain piano Sukima Switch.

Sementara perwakilan AKB48 menyampaikan ucapan terima kasihnya telah menjadi bagian dari hubungan 60 tahun persahabatan Indonesia Jepang.

“Terima kasih telah mengundang kami, dalam kesempatan ini kami merasa senang, bangga dan tidak sabar karena dapat satu panggung dengan artis terkenal Indonesia termasuk artis terkenal di Jepang yaitu Kiroro dan Sukima Switch, kami berusaha sekeras mungkin agar dapat memeriahkan acara ini,” ujar AKB48.

Duta persahabatan 60 tahun perayaan Indonesia Jepang, Nakagawa Haruka memberikan kata sambutan.

“Perkenalkan saya Nakagawa Haruka selamu duta persahabatan, dalam kesempatan ini saya hadir sebagai duta persahabatan akan tetapi saya merasa sangat gugup pada hari ini, untuk pelaksanaan acara musik festival dua hari kedepan semoga acara ini bisa mempererat hubungan Indonesia dan Jepang, saya pun akan berusaha sehingga mohon dukungannya dan semoga kita semua dapat memeriahkan acara tersebut,” ujar Nakagawa Haruka.

Sementara perwakilan JKT48 dihadiri dua member, Shania Junianatha dan Stephanie Pricilla Indarto Putri menyampaikan sambutan.

“Kami (JKT48) senang banget, karena tahun-tahun sebelumnya nggak pernah absen, tahun ini kita merasa spesial banget dan terhormat, tahun ini bertepatan 60 tahun Indonesia Jepang, jadi kita ngerasa seneng dan pastinya pengen seru-seruan dan menunjukan yang terbaik,” ujar Shania.