BREAKINGNEWS.CO.ID - Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73, puluhan anak-anak serta ratusan warga Indonesia ikut memeriahkan dengan berpakaian adat nusantara di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada Jumat (18/8/3018).

Upacara Peringatan HUT RI ke-73  tersebut diikuti oleh sedikitnya 300 orang. Terdiri atas Staf KBRI dan Dharma Wanita KBRI, Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam, mahasiswa dan pelajar Indonesia dan tenaga kerja Indonesia serta partisipan touring kemerdekaan RI ke-73 lintas negara (Indonesia-Malaysia-Brunei).

Bertindak selaku inspektor upacara, Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko, dalam sambutannya, Dubes Sujatmiko menyampaikan pencapaian pemerintah selama empat tahun kabinet kerja, peningkatan kerja sama bilateral antara RI-Brunei serta kinerja KBRI dalam melayani warga negara Indonesia (WNI) di Brunei.


"Tentunya proyeksi Indonesia yang akan menjadi negara besar oleh lembaga-lembaga internasional tersebut akan bergantung pada sejauh mana kita memanfaatkan demographic divident Indonesia dan menjaga NKRI dari gangguan serta ancaman, termasuk juga ancaman non-tradisional dan cyber crime," tegas Dubes Sujatmiko.

Sujatmiko juga tidak lupa menekankan agar masyarakat untuk tetap menjaga persatuan, mematuhi peraturan negara setempat serta memberikan hak pilihnya dalam pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 mendatang.

"KBRI akan terus berupaya agar seluruh WNI di Brunei dapat memberikan hak pilihnya. Oleh itu, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih," ucap Dubes Sujatmiko

Setelah serangkaian upacara berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi pemotongan tumpeng oleh Dubes RI Bandar Seri Begawan sebagai tanda rasa syukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan bagi usia Republik Indonesia yang telah mencapai usia 73 tahun. 

Lebih lanjut, Dubes Sujatmiko juga memberikan penghargaan bagi para petugas paskibraka, pengajar kejar paket B dan C serta pengajar keterampilan bagi TKI di penampungan. 

Dubes Sujatmiko berharap, dengan pemberian penghargaan di Peringatan HUT RI ke-73 tersebut akan mendorong lebih banyak lagi warga untuk berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan dan pendidikan WNI di Brunei Darussalam.

"Saya berharap dengan pemberian penghargaan ini akan mendorong lebih banyak lagi warga yang berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan serta pendidikan WNI di Brunei Darussalam," tutup Dubes Sujatmiko.