BREAKINGNEWS.CO.ID - Pertandingan final Copa America 2019 yang mempertemukan Timnas Brasil berhadapan dengan Peru, menjadi pertemuan perdana kedua tim di laga puncak turnamen terbesar di Amerika Selatan ini.

Pertandingan final antara tuan rumah Brasil melawan Peru di final Copa America 2019 tersebut akan berlangsung di Stadion Maracana, Senin (8/7/2019) pagi WIB mendatang. Brasil lebih dahulu melangkah ke final setelah berhasil mengalahkan seteru abadi mereka, Argentina, dengan skor 2-0 di Stadion Mineirao, Rabu (3/7) WIB. Dua gol Brasil dicetak oleh Gabriel Jesus dan Roberto Firmino.

Peru mengikuti langkah Tim Samba dengan menumbangkan juara bertahan Chile dengan skor telak, 3-0, di Stadion Arena Gremio, Kamis (4/7) WIB. La Blanquirroja, julukan Peru, mengalahkan La Roja lewat gol Edison Flores di menit ke-21 usai memanfaatkan assist Andre Carillo, gol dari Victor Yotun di menit ke-38 yang juga umpan Carillo, serta gol penutup dari Paolo Guerrero di menit ke-90+1 berkat assist Renato Tapia.

Partai final nanti merupakan keberhasilan yang ke-20 bagi Brasil. Dalam 19 kesempatan sebelumnya, Selecao hanya sukses menjadi juara di delapan kesempatan dan menjadi runner-up di 11 edisi lainnya. Sedangkan untuk Peru, melawan Brasil pada awal pekan depan akan jadi laga puncak ketiga sepanjang keikutsertaan mereka di Copa America. Peru sudah dua kali berhasil melaju ke final Copa America dan selalu menjadi juara, yakni pada tahun 1939 dan 1975.

Pertandingan melawan Brasil di final Copa America 2019 akan jadi pertemuan ke-45 bagi kedua tim di seluruh ajang. Sejauh ini, dari 44 laga sebelumnya Brasil unggul dengan 31 kemenangan, sedangkan Peru hanya meraih empat kemenangan. Di ajang Copa America, Brasil vs Peru sudah bertemu sebanyak 18 kali. Tim Samba mendominasi pertemuan dengan Peru di Copa America dengan 12 kemenangan.