BREAKINGNEWS.CO.ID - Menjadi venue perayaan Mother’s Day Celebration 2019, Batam diserbu wisman. Ratusan wisatawan yang berkunjung semuanya warga Singapura. Kehadiran mereka menegaskan status Batam sebagai destinasi favorit publik Negeri Singa.

Mother’s Day Celebration 2019 telah digear Sabtu (11/5) malam. Lokasinya berada di Bay City, Harbour Bay, Batam, Kepulauan Riau. Dengan konsep dinner dan culture performance, pesta ini menarik minat publik. sebanyak 300 wisatawan asal Singapura pun bergabung di sini. Merasakan kehangatan Batam, Mother’s Day Celebration 2019 digelar meriah.

“Mother’s Day momen spesial. Mereka biasanya berkunjung ke Johor, Malaysia, tapi sekarang ke Batam. Hal ini positif sebagai branding. Artinya, Batam menjadi destinasi yang nyaman untuk berwisata. Saat ini waktunya sangat tepat untuk menikmati eksotisnya Batam. Sebab, seluruh keluarga dan kerabat bisa berkumpul di sini,” ungkap Kadisbudpar Kota Batam Ardiwinata, Sabtu (11/5).

Mengacu pergerakannya, Batam adalah destinasi favorit publik Singapura. Sepanjang 2018, arus masuk warga Singapura mencapai 1,03 Juta orang. Prosentasenya sekitar 57,2% dari total kunjungan wisatawan Negeri Singa ke Indonesia. Pada skala nasional, pergerakan wisatawan Singapura mencapai 1,8 Juta. Slot ini naik 13,5% dari kunjungan tahun 2017.

“Singapura tetap menjadi market penting bagi pariwisata Indonesia. Pergerakan wisatawannya sejauh ini sangat menjanjikan. Batam memang menjadi tujuan utama mereka. Secara geografis dekat, selain ada daya tarik lain yang menarik. Penyelenggaraan Mother’s Day di Batam telah memberi kontribusi positif bagi pariwisata di sana,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Menegaskan statusnya sebagai destinasi terbaik, konten Mother’s Day diberikan. Rangkaian eventnya ditandai dengan culture performance. Ada pertunjukan Tari Melayu Kreasi dan Tari Persembahan dari Sanggar Wansendari, Batam. Wisatawan Singapura pun terlihat antusias menikmati warna budaya khas Batam. Mereka banyak mengabadikan moment melalui kamera handphone.

“Selain alam dan manmade-nya, Batam terkenal dengan budayanya. Kental dengan warna Melayu, ada banyak tradisi dan seni budaya yang dilestarikan. Kombinasi tersebut tentu menjadi daya tarik terbaik bagi para wisman. Untuk itu, silahkan datang lebih sering ke Batam. Ada banyak destinasi yang bisa diekplorasi di Batam dan sekitarnya,” kata Rizki lagi.

Asyik menikmati parade seni dan budaya, sebanyak 300 wisatawan Singapura terlihat lahap menyantap kulinernya. Menawarkan kesan terbaik, ada beragam kuliner yang disajikan. Dominasinya adalah sea food. Sebut saja hidangan kepiting saos tiram, udang, kerang, hingga sup ikan. Ada juga warna berupa telur dadar dan tahu Hong Kong.

“Batam sangat terkenal dengan kulinernya. Selain sea food, Batam banyak memiliki kuliner khas dengan cita rasa terbaik. Kenikmatan cita rasa tersebut bisa dinikmati sebelum kembali ke Singapura. Yang jelas, Mother’s Day Celebration telah menaikan branding Batam. Impact jangka panjangnya akan positif bagi Batam dan Kepri,” papar Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Beberapa kuliner khas dan nikmat asal Batam, diantaranya Gonggong. Gonggong sejatinya siput laut dengan cita rasa gurih. Teksturnya pun kenyal. Selain Gonggong, ada juga Luti Gendang. Berbentuk roti, Luti Gendang memiliki isian berupa ikan dengan bumbu khusus. Ada juga Bingka Bakar, Nasi Dagong, Mie Sagu, Mie Lendir, hingga Mie Tampe plus Otak-Otak.

“Mother’s Day memang sangat spesial. Dirayakan di Batam, kesannya pasti luar biasa. Apalagi, secara konten sangat unik. Kami optimistis, mereka akan kembali ke Batam untuk Mother’s Day selanjutnya. Dan, jumlah pesertanya pasti akan bertambah,” tegas Kabid Pengembangan Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Trindiana M Tikupasang.

Dikemas spesial, Mother’s Day Celebration banyak menawarkan konten seru. Ada live music, termasuk lucky draw. Ditampilkan juga permainan Bingo. Cara bermainnya simpel. Peserta tinggal menandai tiap angka yang diundi. Pemenangnya ditandai dengan teriakan ‘Bingo’. Syaratnya, angka yang keluar bisa membentuk garis lurus vertikal atau horizontal.

“Kemeriahannya jelas lebih bila merayakan moment spesial di Kota Batam. Kami mengundang publik Singapura dan Malaysia untuk merayakan moment spesial di Batam. Destinasi ini sangat representatif sebagai venue pesta atau celebration. Apalagi, karakter dari Mother’s Day sangat unik,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Setiap negara memang memiliki hari dan cara tersendiri merayakan Mother Day. Di Indonesia misalnya, Mother Day jatuh setiap 22 Desember. Adapun 75 negara merayakan Mother Day di hari Minggu ke-2 setiap Mei. Selain Singapura, negara ini diantaranya Malaysia, Tiongkok, Australia, Jerman, dan Amerika Serikat. Lalu, beberapa negara Eropa lain dan Timur Tengah memperingati Mother Day setiap 8 Maret.