BREAKINGNEWS.CO.ID - Sehubungan dengan memerankan karakter Suzzanna dalam film, aktris Luna Maya berziarah ke makam Suzzanna di TPU Giriloyo, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (13/10/2018). Tujuannya bukan hanya untuk kebutuhan film, tapi juga ingin memperingati hari ulang tahun ke-76 Suzzanna.

Luna bermain dalam film ‘Bernapas Dalam Kubur’ yang rencananya tayang di bioskop pada 15 November mendatang. Di film besutan sutradara Rocky Soraya dan Anggy Umbara ini, perempuan berusia 35 tahun itu berakting total sebagai karakter Suzzanna.

Kedatangan Luna Maya disambut hangat oleh Clift Sangra bersama istri kedua serta anak-anak mereka. Begitu masuk ke dalam rumah, mantan kekasih Reino Barack ini langsung disuguhi hidangan makanan berupa gethuk dan pastel.

Suzzanna lahir di Bogor, Jawa Barat, 13 Oktober 1942, dengan nama lengkap Suzzanna Martha Frederika van Osch. Aktif di layar perak sejak tahun 1950-an hingga 1990-an dan meraih popularitas di film bertema horor dan bergelar “Ratu Film Horor Indonesia” . Film film yang dibintanginya, antara lain, ‘Bernapas dalam Lumpur’ (1970), ‘Beranak Dalam Kubur’ (1971), ‘Pulau Cinta’ (1978), dan ‘Ratu Ilmu Hitam’ (1981). Dia meninggal di Magelang, 15 Oktober 2008 pada umur 66 tahun.

“Jadi ini tempat Bunda, dia tinggal di sini, lahir di Bogor tapi dari kecil di rumah ini. Kalau ada panggilan syuting langsung ke Jakarta, tapi ngademnya di sini. Cari duit di Jakarta, habisinnya di sini,” tutur Cilft Sangra kepada Luna Maya, Sabtu (13/10/2018).

Luna Maya menuju tempat peristirahatan terakhir Suzzanna di TPU Giriloyo, ditemani Clift Sangra, suami almarhumah. Artis jangkung itu pun untuk nyekar. Makam Suzzanna tampak berbeda dengan yang lain karena badan makam berlapis keramik warna oranye bergrafir melati.

“Ingin ziarah, silaturahmi dan ingin kenal lebih dekat, lebih banyak tahu tentang beliau. Nyuwun sewu dulu istilahnya, mudah-mudahan beliau lihat dari atas bisa senang,” tutur Luna Maya yang nyekar sambil membawa bunga melati.

Usai nyekar, perjalanan Luna berlanjut ke Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah, yaitu ke Umbul Jumprit yang sering digunakan mendiang Suzzanna untuk berendam dan bermeditasi di pagi buta sebelum bermain film.

Tak cuma melihat-lihat, Luna juga mencoba berendam di air yang begitu jernih dan dingin bukan main. Luna ingin merasakan seperti apa dulu Suzzanna habiskan waktu di sini untuk merilekskan pikiran.

“Aku berpikir ritual seperti ini bagus juga untuk sebuah simbol membersihkan diri. Ya, kita ambil positifnya aja, ya belajar sesuatu yang baru juga sih bahwa kalau dulu Bunda Suzzanna itu sering ke sini,” papar Luna.

“Kalau di Jawa kan ada adat Kejawen dengan segala kepercayaannya. Ya, enggak salah. Namanya culture, kalau kita di kota besar kan jarang ada berpikir untuk mandi ritual,” tutur Luna Maya.