JAKARTA - Untuk menjaga keutuhan industri musik Indonesia dari tahun ke tahun seperti pembajakan karya menjadi salah satu masalah yang dihadapi para musisi sekarang. Oleh karena itu PT Kirai Adiwarna Nusantara (KAWAN) merilis situs baru bernama kolase.com.  Situs yang sudah dirilis sejak 1 Februari 2018 ini bertujuan membantu mengatasi masalah para musisi dan band. Kolase.com juga akan menghimpun dana dari fans untuk membiayai proyek musisi idola mereka.

Selain itu, Kolase.com akan fokus terhadap musik dengan memfasilitasi para musisi mengembangkan karya dan produk dengan membuat campaign di situs ini. Saat ini ada delapan kategori campaign yang bisa dibuat di Kolase.com. diantaranya adalah Album, Acara Live, Konser, Amal, Video Musik, Buku, Brand Extension sampai dengan tur.

Meskipun demikian di tahap awal peluncuran pada 1 Februari 2018, hanya ada lima kategori campaign yang menjadi MVP atau prioritas, diantaranya adalah Album, Acara Live, Konser, Tur dan Amal. Yang patut diapresiasi ,hanya dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan,

Kolase.com sudah membantuk menyukseskan delapan proyek campaign, dengan total dana transaksi lebih dari Rp340 juta. Dalam konferensi pers yang digelar di Piazza, Gandaria City, Jakarta Selatan pada hari Jum’at 27 April 2018, hadir beberapa pembicara yaitu Raden Maulana (Founder Kolase.com), Fourtwnty (Musician & Campaigner), Ardian Eka Putra (Founder Infopensi & Campaigner), Christian Bong (Founder Indomusikgram & Musician), Glenn Fredly (Musician) dan Adib Hidayat (Pengamat Musik) selaku moderator.

Dalam keterangannya, Raden Maulana selaku CEO Kolase.com mengungkapkan, “Saya tahu seperti apa sulitnya menjadi seorang musisi di Indonesia. Saya berpikir apakah ada solusi yang tepat agar musisi dan penikmat musik bisa benar-benar menikmati hasil dari sebuah karya musik bersama. Meski saat ini pertumbuhan crowdfunding di Indonesia cukup baik, tetapi pemahaman dari crowdfunding itu sendiri masih sangat kurang. Crowdfunding merupakan bentuk revolusi dari e-commerce,” ujar Raden.

Untuk mendukung campaign Kolase.com, juga akan digelar KolaFest!, yaitu sebuah rangkaian acara musik yang dikemas dalam bentuk live music dan talkshow yang diadakan setiap tiga bulan dengan tujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kolaborasi di indutri musik dan juga keterlibatan mereka dalam setiap proyek musik yang dibuat oleh musisi favorit mereka.

Di gelaran pertama KolaseFest! tersebut hadir sejumlah musisi dan band yang sudah menggunakan start up ini dan juga penampilan bintang tamu Tulus, Mocca dan Teddy Adhitya Jadi untuk kalian yang para musisi dan juga siapa pun yang tertarik dan peduli dengan crowdfunding untuk musik, jangan ragu untuk bergabung di https://www.kolase.com/