BREAKINGNEWS.CO.ID - Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI, Joko Driyono mengumumkan pembentukan Komite Adhoc Integritas. Hal itu ia sampaikan saat Kongres Tahunan PSSI 2019 di Bali, Minggu (20/1/2019). Komite Adhoc Integritas, kata Joko diketuai oleh Ahmad Riyadh dan Azwan Karim sebagai Wakil Ketua.

Adapun tugas Komite Adhoc Integritas ini, bagian dari upaya PSSI untuk memerangi match-fixing alias pengaturan skor. Joko menjelaskan, Komite Adhoc ini dibentuk sebagai awalan pembentukan Departemen Integritas PSSI yang direncanakan rampung pada 2020. Joko menjelaskan, FIFA memang sudah mengarahkan kepada para anggota mereka untuk membentuk Departemen Integritas sejak 2017 lalu.

"Setelah terbentuk Departemen Integritas, tugas Komited Adhoc tersebut selesai. Komite Adhoc ini sekaligus bekerja merespons dinamika publik terkait match-fixing," ujar Joko.

"Dalam waktu dekat Ad-hoc bekerja untuk segera menyusun personalia, dan diberikan waktu dua minggu untuk melengkapi anggotanya yang total berjumlah tiga hingga lima orang. Komite ini mengemban tugas yang sangat penting, fokus menjaga integritas sepakbola," jelas Joko.

"Komite Adhoc Integritas diharapkan segera bersinergi dengan Kepolisian melalui MoU (Memorandum of Understanding), sebagaimana FIFA dengan Interpol untuk menangani match-fixing," pungkasnya.

Sementara Ahmad Riyadh mengatakan bahwa dirinya bersama Azwan Karim siap mengemban amanah ini. Ia mengaku ini bukan tugas yang ringan dan butuh orang-orang yang benar paham tentang persepakbolaan nasional. "Dalam waktu dekat kami akan melengkapi komite ini dengan menambah tiga atau lima orang lagi untuk memperkuat Komite Adhoc Integrity ini,” kata Ahmad Riyadh.

“Karena salah satu tugasnya ialah mencegah dan memerangi pengaturan skor maupun perencanaan skor, maka akan berusaha seoptimal mungkin mempersiapkan program sebaik mungkin. Apalagi pada kepengurusan ke depan akan dipermanenkan sebagai departemen,” tambahnya.

Di sisi lain, Ahmad Riyadh sebagai ketua Komite Adhoc Integritas dan Azwan Karim sudah disetujui oleh para peserta Kongres Tahunan. Ahmad Riyadh saat ini merupakan ketua Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur. Sedangkan yang ditunjuk sebagai wakilnya adalah mantan sekretaris jenderal PSSI, Azwan Karim.