BREAKINGNEWS.CO.ID - Seluruh atlet berprestasi dalam ajang ASEAN School Games (ASG) 2019 di Semarang, Jawa Tengah, mendapatkan beasiswa dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dengan total 2,7 miliar rupiah.

Besaran beasiswa tersebut yaitu untuk peraih medali emas mendapatkan beasiswa sebesar 15 juta rupiah, perak sebesar 7,5 juta rupiah, dan perunggu sebesar 5 juta rupiah. Menpora RI mengatakan dana beasiswa tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Total beasiswa yang kami berikan 2,7 miliar rupiah. Tahun lalu hanya medali emas yang kami berikan beasiswa, tahun ini seluruh peraih medali," kata Imam di Komplek Rumah Dinas Menteri, Kamis (25/7/2019).

Indonesia sukses memenuhi target juara umum ASG 2019 di Semarang, Jawa Tengah, setelah mengumpulkan medali terbanyak pada pertandingan hari terakhir, Selasa (23/7) lalu. Tidak hanya tampil sebagai juara umum, Indonesia berhasil melampaui target perolehan medali dari minimal 36 emas yang dicanangkan sebelumnya.

Imam mengatakan Kemenpora bangga, bersyukur, sekaligus berterima kasih kepada para atlet. Akan tetapi, dirinya meminta agar para atlet tidak berpuas diri terhadap prestasi yang dicapai dalam ASG 2019.

"Teruslah berlatih dengan baik, Insya Allah masa depan olahraga Indonesia terus berkibar. Presiden RI, Joko Widodo betul-betul perhatian. Meskipun di usia pelajar belum bisa memberikan bonus, jadi diberikan beasiswa," katanya menambahkan.

Sementara itu Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta menyampaikan masing-masing atlet hanya mendapat satu beasiswa dari prestasi yang diraih.

Misalnya, atlet yang mendapatkan lebih dari satu medali emas tetap akan diberikan satu beasiswa medali emas. Sementara atlet yang mendapatkan lebih dari satu medali yang beragam, maka beasiswa yang diberikan adalah raihan medali tertinggi.

Sedangkan untuk cabang olahraga beregu atau berkelompok, masing-masing atlet menerima jumlah beasiswa yang sama rata. "Siapkan KTP [Kartu Tanda Penduduk] atau kartu pelajar sebagai syarat menerima beasiswa," ucap dia.