JAKARTA-PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta ikut berpartisipasi mendukung warga Jakarta yang tengah menjalankan ibadah bulan Ramadhan dengan memfasilitasi tempat ibadah. Namun tempat itu hanya bisa digunakan khusus untuk  pengguna jasa transportasi umum Transjakarta.

Kepala Humas PT Transjakarta, Wibowo mengatakan penumpang bisa melaksanakan ibadah tarawih di halte Transjakarta yang pastinya sudah disediakan mushola meskipun tempatnya tidak seluas mushola seperti pada umumnya. “Bisa dipakai untuk Taraweh, cuma memang kapasitasnya tidak besar,” ujar Wibowo saat dihubungi, Kamis (17/5/2018).

Meskipun menyediakan tempat ibadah tapi Transjakarta baru memiliki empat mushola yang bisa dipakai shalat tarawih yakni Halte Karet, Monas, Tendean, dan Glodok. Selain memfasilitasi tempat ibadah, pada mushola itu juga disediakan perlengkapan shalat mulai dari mukenah, sajadah dan sarung. “Untuk fasilitas masih bisa kita tambahankan, melihat situasi nanti sambil berjalan,” ujar Bowo.

Selain menyediakan fasilitas sholat taraweh, PT Transjakarta juga akan menyelenggerakan kegiatan sosial lainnya seperti membagikan hidangan pembuka atau takjil secara secara gratis kepada penumpang di halte. “Pembagian takjil gratis ini akan berlangsung di semua halte Transjakarta. Dan dibagikan secara gratis,” ucapnya.

Fasilitas mushala ini sudah dilengkapi dengan tempat wudhu yang terpisah antara pria dan wanita. Untuk hari pertama puasa ini, penumpang akan ditemani penampilan penyanyi kenamaan tanah air Fathin Sidqia sambari menunggu waktu berbuka puasa dlaam gelaran acara Music on Shelter. “Nanti sore pelanggan juga akan dihibur dengan penampilan Fatin. Acara ini akan berlangsung di halte Karet mulai pukul 16.30 WIB,” tutupnya. (Puji)