BREAKINGNEWS.CO.ID - Saat ini, kesehatan merupakan sesuatu yang bisa dikatakan mahal harganya. Biaya pengobatan yang semakin mahal sudah pasti membuat orang berpikir dua kali jika ingin sakit. Sayangnya hal ini baru kita sadari saat ada anggota keluarga yang terkena sakit. Sebenarnya ada banyak sekali hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan keluarga.

Jika anak, saudara, atau pasangan kita terkena penyakit, tentu hal ini membuat khawatir. Kita juga akan kerepotan ketika merawat mereka, sementara masih ada pekerjaan lain yang harus diselesaikan. Nah untuk itu ada beberapa langkah yang sederhana dan mudah untuk kita lakukan dalam menjaga kesehatan keluarga.

1. Membiasakan diri mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang

Makanan yang kita makan sehari-hari bisa berpengaruh pada kesehatan kita. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu memberi makanan yang bergizi sehat dan seimbang pada keluarga. Kandungan makanan yang kaya gizi bisa menjadi modal yang tepat agar memiliki tubuh yang sehat. Oleh karena itu kita dan keluarga memiliki energi yang cukup dalam menjalani aktivitas sehari-hari

Komposisi makanan yang sehat selalu diisi dengan kandungan karbohidrat, protein, vitamin dan lemak. Sumber karbohidrat bisa kita dapatkan dari nasi, kentang, dan jagung. Kemudian sumber protein berasal dari daging, telur, dan kacang-kacangan. Untuk vitamin sendiri bisa berasal dari suplemen atau buah-buahan.

2. Rajin berolahraga

Olahraga bisa dikatakan sebagai kegiatan menjaga kesehatan tubuh hingga masa tua nanti. Selain sebagai usaha untuk mendapatkan tubuh yang sehat, olahraga juga kegiatan yang bertujuan membuat jantung dan paru-paru kita tetap sehat. Ajak anggota keluarga untuk berolahraga setidaknya 3 hingga 5 kali dalam satu minggu selama minimal 30 menit.

Jika keluarga tidak punya waktu yang cukup untuk berolahraga, cobalah dengan melakukan aktivitas yang ringan. Seperti berjalan kaki ke sekolah, bersepeda ke stasiun, atau menggunakan tangga ketika memasuki sebuah gedung. Kegiatan sederhana tersebut bisa menjadi aktivitas fisik yang baik demi kesehatan tubuh.

3. Menjaga kebersihan keluarga dan lingkungan

Lingkungan yang kotor bisa menjadi sumber penyakit karena menjadi sarang virus dan bakteri. Oleh karena itu menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan keluarga penting untuk kita lakukan. Cobalah untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir pada anak, jangan lupa juga untuk menggunakan sabun. Mandikan hewan peliharaan secara rutin, mandi dua kali dalam satu hari, dan sikat gigi tiga kali sehari.

Selain itu cobalah untuk membersihkan rumah dan lingkungan tempat tinggal kita. Seperti memandikan hewan peliharaan, membersihkan kandangnya, membersihkan toilet, menutup benda yang bisa menampung air, dan membersihkan saluran air. Dengan demikian rumah kita bisa terbebas dari bakteri dan virus yang dapat membahayakan tubuh.

4. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Kebanyakan orang melakukan pemeriksaan kesehatan hanya ketika terserang penyakit, pemahaman tersebut justru salah dan merugikan. Mulai saat ini cobalah untuk berpikir bahwa fasilitas kesehatan berguna untuk melakukan pencegahan penyakit, bukan pengobatan dan perawatan. Ketika tidak sedang sakit, kita bisa memeriksa kesehatan setidaknya satu tahun sekali.

Tujuan kita untuk memeriksa kesehatan sendiri yakni untuk memastikan fungsi dari organ tubuh berjalan dengan baik. Jika ada organ yang terkena gejala gangguan kesehatan, kita bisa melakukan pendeteksian sejak dini. Kita juga bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat dan cepat.

Selain memeriksa organ tubuh, kita juga perlu untuk memeriksa gigi dan mulut. Berdasarkan saran dari dokter gigi, memeriksa kesehatan gigi dan mulut bisa kita lakukan sebanyak satu kali dalam enam bulan. Usahakan juga setelah memeriksa kesehatan, kita bertanya secara detail mengenai kondisi kesehatan kita saat ini.

5. Melindungi diri dengan asuransi kesehatan

Musibah seringkali tidak bisa diprediksi. Meski kita sudah menjaga kesehatan dengan optimal, kemungkinan terjangkit penyakit masih saja ada. Kalau sudah begini bukan hanya kita harus keluar biaya pengobatan yang tidak murah. Belum lagi, gara-gara sakit kita jadi tidak produktif. Ujung-ujungnya keuangan ikut goyah.

Mengantisipasi hal tak terduga macam ini, seperti kata pepatah “sedia payung sebelum hujan” yang perlu dilakukan adalah pencegahan agar kerugian finansial bisa diminimalkan. Caranya dengan memiliki asuransi, agar ketika sakit kondisi keuangan bisa tetap aman.

Sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kesehatan dengan fasilitas yang lengkap serta premi yang terjangkau. Kita juga akan dibimbing dalam melakukan pendaftaran, pengajuan klaim, atau pun hal lainnya yang terkait dengan asuransi kesehatan kita. Demi masa depan keluarga yang terjamin, asuransi menjadi perlindungan yang terbaik.