BREAKINGNEWS.CO.ID - Kelik Wirawan resmi dilantik sebagai Ketua Umum baru Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) periode 2018-2022. Pelatikan langsung dilakukan oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, Kamis (7/2/2019) di salah satu hotel di Jakarta.

Kelik Wirawan terpilih usai Musyawarah Nasional pada Desember 2018. Saat ini, jajaran pengurus pusat Perpani telah terbentuk dan telah mendapatkan persetujuan KONIU melalui SK No.02/2019 tertanggal 8 Januari 2019.

"Atas nama KONI, saya bahagia dan mengucapkan selamat kepada pak Kelik untuk mengemban amanah dan memegang tampuk pemimpin Perpani. dengan Dengan pengalaman berorganisasi dan leadership pak Kelik miliki saya percaya pak Kelik mampu menjalankan tugas yang bapak emban," kata Tono dalam sambutannya.

"Dukungan penuh dari jajaran sangat diperlukan dalam pelaksanalan tugas. Terkait dengan itu saya mengajak dalam kepengurusan Perpani untuk menyatukan tekad demi membawa panahan Indonesia berprestasi di kancah internasional. Kepada pengurus Perpani sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih atas kerja cerdas, kerja iklas dan tuntas yang selana ini diberikan kepada Perpani dan masyarakat Indonesia," tambahnya

Sementara itu, Kelik dalam sambutannya mengatakan, Perpani ingin mengayomi tradisi olahraga tradisional yang ada di banyak suku di Indonesia itu. Dia berharap dengan kepengurusan baru ini, olahraga panahan bisa terus maju dan berprestasi.

Kelik Wirawan menyadari tugas berat berada di pundaknya untuk meraih medali di Sea Games 2109 dan Olimpiade 2020. Hal ini merupakan kerja sama segenap pengurus Perpani di tingkat pusat dan pengprov, atlet, pelatih,tim, pendukung, dan semua pihak yang berniat tulus memberikan dukungan untuk kemajuan olahraga panahan di Indonesia.

"Saya percaya, dengan tekad dan upaya kita bersama, misi meraih medali di Sea Games 2109 dan Olimpiade 2020 dapat terealisasi jika banyak pihak yang tergugah dan terpanggil untuk menjadikan Panahan sebagal olahraga prestasi yang membanggakan Indonesia di mata dunia”, kata Kelik.

Prestasi Panahan Indonesia mencapai puncak nya di Olimpiade Seoul, Korea Selatan Tahun 1988 dimana 3 Srikandi lndonesia; Nurmriana Saiman. Lilis Handayani dan Kusuma Wardhani, di bawah bimbingan pelatih Donald Pandiancan. Mereka mempersembahkan medali perak beregu putri yang sekaligus menjadi medali pertama yang diperoleh kontingen Indonesia selama mengikuti Olimpiade.