BREAKINGNEWS.CO.ID - Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo memprediksi akan muncul terduga baru kasus match fixing di sepak bola Indonesia. Pandangan Kesit tak lepas dari penangkapan salah satu dedengkot mafia bola yakni anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Johar Lin Eng. Menurut Kesit, ditangkapnya Johar Lin Eng, akan memberikan keterangan-keterangan baru bagi kepolisian untuk mengusut tuntas dugaan kasus pengaturan skor.

"Saya pikir sudah pasti nantinya akan ada nama baru seperti meraka yang sebelumnya sudah disebut-sebut ada kaitan dengan skandal ini. Ini kan proses pembuktian yang dilakukan aparat hukum. Sudah pasti akan ada pihak terduga lainya yang menurut saya bakal dimintai keterangannya juga," kata Kesit kepada Breakingnews.co.id, Jumat (28/12/2018).

Oleh karena itu, Kesit berharap supaya polisi untuk mengusut tuntas. "Logikanya kan pak Johar ini nantinya akan menjalani proses pemeriksaan lalu penyidikan dan bakal dimintai keterangan. Kan tidak mungkin kalau dia soerang. Tinggal nanti kejelian polisi dalam membongkar kasus ini. Berani atau tidak polisinya menyentuh pihak-pihak lain," tegasnya.

Di sisi lain, Kesit mengapresiasi Tim Satgas Antimafia Bola. mengatakan tindakan yang dilakukan satgas sekaligus membayar haparan masyarakat untuk melihat sepak bola Indonesia yang bersih. Karena, menurut Kesit selama ini masyarakat diberi harapan palsu oleh PSSI maupun pihak kepolisian untuk memberantas kasus match fixing yang sudah menjadi rahasia umum itu. "Selama ini kan selalu membuat masyarakat seperti tidak begitu interest dengan kasus-kasus match fixing sepak bola nasional. Karena memang tidak pernah ada action selama ini. Hanya berdebat di media. Hanya semacam wacana saja yang tidak berujung pada action,' ucap Kesit.

"Nah, sekarang ini sudah ada action, berarti ini sebagai shock terapi. Tinggal bagaimana kemudian hasil dari tangkapan ini apakah akan berlanjut pada proses hukum selanjutnya atau akan ada terduga pelaku match fixing yang baru," Kesit menambahkan.