JAKARTA - Para peneliti di MIT Media Lab membuat sebuah kecerdasan buatan yang disebut Norman. Ia bukanlah AI biasa. Algoritmanya tidak dibuat untuk menampilkan konten paling relevan di Facebook atau menyarankan lagu untuk Anda dengarkan di Spotify.

Seperti dilansir dari CNet, Rabu (6/6/2018), Norman adalah sebuah "AI psikopat". AI ini dibuat oleh para peneliti di MIT Media Lab sebagai "studi kasus terkait bahaya AI ketika algoritma pembelajaran mesinnya dilatih menggunakan data khusus."

CNET menyebutkan, para peneliti membuat agar Norman bisa melakukan image captioning, yaitu metode deep-learning untuk memberikan penjelasan tentang sebuah gambar. Norman kemudian dilatih menggunakan data dari subkanal forum internet, Reddit, yang berisi gambar-gambar kematian yang eksplisit.

Norman kemudian diminta untuk melakukan tes bercak tinta Rorschach. Para peneliti lalu membandingkan hasil deskripsi Norman dengan AI biasa. Terbukti, jawaban Norman memang jauh lebih mengerikan dari jawaban AI biasa.

Ketika AI biasa memberikan jawaban "sekelompok burung duduk di atas dahan pohon, Norman menjawab "seorang pria disetrum hingga mati". Contoh lainnya, ketika AI biasa melihat "kue pernikahan di atas meja", Norman sang robot pembunuh melihat "seorang pria ditabrak hingga mati."

Para peneliti tidak "membuat" agar Norman menjadi psikopat. Mereka hanya memberikan Norman akses pada gambar-gambar kematian di subkanal forum internet Reddit. Alhasil, cara Norman mendeskripsikan bercak tinta terlihat seolah-olah dia mendeskripsikan gambar di forum tersebut.

Mengapa para peneliti tertarik membuat AI psikopat? Tim peneliti berencana menunjukkan bahaya dari mmberikan data-data tertentu untuk melatih AI dan bagaimana data tersebut bisa memengaruhi tingkah laku sang AI.