JAYAPURA – Tahapan pendaftaran jalur perseorangan Pilkada serentak di Papua akan ditutup Senin (27/11/2017) pukul 00. 00 WIT.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, hingga Minggu pukul 20. 00 WIT, belum menerima adanya kandidat pasangan calon gubernur yang mendaftarkan diri maju melalui jalur independen. Pendafataran calon sudah dibuka sejak Rabu (22/11).

"Kita tetap menunggu. Memang belum ada tanda-tanda komunikasi dengan pihak-pihak yang mau datang menyampaikan berkas, tetapi kita tetap profesional menunggu sampai penutupan sesuai dengan jadwal serta tahapan yang telah ditetapkan dalam Peraturan KPU," kata Komisioner KPU Papua Izak Hikoyabi, MInggu (26/11).

Izah berharap, calon yang akan mendaftar tidak melewati batas waktu yang ditentukan. Sebab, tahapan Pilgub Papua tidak boleh bergeser dari jadwal yang sudah termuat dalam PKPU.

Dia menjelaskan, calon dapat dinyatakan lolos berkas calon perseorangan jika memenuhi syarat yaitu dukungan minimal 287.544 Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang tersebar di 15 kabupaten.

Tidak hanya KTP, ungkap Izak, calon perseorangan juga wajib melampirkan surat pernyataan dukungan yang ditandatangani di atas materai 6.000.