BREAKINGNEWS.CO.ID-Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan telah mencopot Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono setelah tiga tahun lamanya memimpin transportasi. Pencopotan itu menuai penilaian dari berbagai pihak salah satunya Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) Azas Tigor Nainggolan yang menganggap keputusan Anies tersebut dianggap tepat.

Azas memandang selama Budi Kaliwono menjabat sebagai Dirut Transjakarta banyak tidak melakukan transparansi keuangan atau laporan. Sehingga layak untuk diganti dengan orang yang lebih berkompeten dan juga transparansi. Ia menduga Budi ataupun manajemen Transjakarta tidak tertib melaporkan pertanggungjawaban keuangan.

“Dugaan saja, saya menduga. Misalnya kita kalau pake uang elektronik di Transjakarta kan ada top up, top up kan Rp7 juta transaksi perhari nah itu pertop up kena Rp1500 rupiah. Itu nggak masuk dalam laporan keuangan Transjakarta loh, itu sudah berlangsung dua tahun,” kata Azas saat dihubungi, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Selain adanya kecurigaan tersebut, Azas juga memandang sosok Budi Kaliwono tidak memiliki kekuatan karena diduga menjadi penyebab bangkrutnya salah satu perusahaan bus pariwisata. “Dia kan dulu dari cipaganti yang bangkrut, kalau tidak salah dia juga penyebabnya. Lalu kok bisa-bisanya diangkat jadi Dirut TJ, kaya nggak ada aja yang lain,” ujar Azas.

Tidak sampai pada kartu top up saja, Budi juga terkesan aneh karena rajin menganggarkan pembelian bus transjakarta yang dianggap justru tidak sesuai dengan membangun akses. “Dia tiban rute-rute bus reguler yang harusnya diberdayakan, dia bangun kanibalisme Transjakarta, kenapa dia rajin beli bus, itu harus diperiksa bisa saja itu ada komisi disana,” pungkas dia.