BREAKINGNEWS.CO.ID-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan uji coba terhadap skybridge atau jembatan penyeberangan multiguna (JPM) di Jalan Jati Baru, Tanah Abang, Jumat (7/12/2018).

Uji coba dilangsungkan dengan singkat yakni 120 menit membawa dampak positif, di mana selama itu penumpang kereta api yang melintas dengan skybridge jumlahnya cukup banyak mencapai ratusan orang. Untuk mengakses skybridge, para penumpang kereta api hanya butuh waktu selama 3 menit sedangkan dari gedung Blok F menghabiskan 10 menit.

“Ratusan mengalir terus ratusan sekali gerbang keluar kereta 200 paling nggak yang lewat JPM 100-150. Misal satu gelombang masuk 200 itu paling tidak yang pake skybridge 60-70 persen,” kata Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi saat dihubungi, Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Irwandi menuturkan, uji coba skybridge rencananya akan dilangsungkan selama empat hari mulai 7 Desember hingga 10 Desember 2018. Selama uji coba Pemprov DKI Jakarta juga belum menempatkan pedagang kaki lima (PKL) di kios-kios mengingat belum diresmikan.  “Belom nanti ini kan uji coba, belom peresmian setelah uji coba nanti laporin ke pak gub (Anies) tinggal penjadwalan pak gub gitu,” tuturnya.

Tidak hanya PKL tapi Pemprov DKI Jakarta juga belum menyiapkan atau menentukan jumlah petugas keamanan yang bakal berjaga di skybridge meski begitu Irwandi berharap nantinya petugas keamanan jumlahnya banyak sehingga mencakup seluruh bagian skybridge. “Petugas kita liat kebutuhan nanti kita lagi ujicoba makanya nanti kalau udah ada pedagang baru kita taruh petugas kita serahkan sarana jaya securitynya banyak,” pungkas Irwandi.

Sebagai informasi, skybridge dibangun sepanjang 400 meter di Jalan Jati Baru-Tanah Abang, proyek tersebut menghabiskan anggaran sebanyak Rp35 miliar dengan pembangunan tidaj lebih dari enam bulan lamanya. Skybridge diprediksi bisa menampung para pedagang mencapai 400 orang