JAKARTA-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan menghapus larangan pengendara sepeda motor melewati jalur Sudirman menuju Thamrin dan sebaliknya. Rencana tersebut disampaikan karena Pemprov berencana akan memperbaiki trotoar di sepanjang jalan Sudirman hingga Thamrin untuk persiapan Asian Games 2018 mendatang.

"Rancangan yang ada didiskusikan itu memang diasumsikan tidak ada kendaraan roda dua yang masuk wilayah Thamrin dan Sudirman," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Balai Kota Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (6/11/2017).

Anies mengatakan, Pemprov saat ini menginginkan rancangan trotoar tidak memakan tempat untuk kendaraan roda sehingga pengendara sepeda motor bisa melewati jalan Sudirman menuju Thamrin.

"Dalam rancangan yang ada kan ada gambaranya, itu dalam gambar tidak ada space untuk kendaraan roda dua, ini kan sekarang masih belum ada. Tapi nanti saya minta diubah, rabcangan harus bisa akomodasi kendaraan roda dua," katanya.

Untuk rancangannya akan seperti apa, Pemprov menyerahkan seluruhnya pada pihak perancang desain dan direncanakan pada akhir tahun sistem pemberlakukan kendaraan dua bisa lewati Sudirman menuju Thamrin bisa diselenggarakan. "Nah itulah tugas perancang. Mereka pada sekolah tinggi kan supaya bisa merancang," tutur Anies.