BREAKINGNEWS.CO.ID -- Pemotongan hewan qurban di wilayah Cipayung, Ciputat, Tangsel, berjalan lancar. Sebagaimana terjadi di sebagian besar wilayah lainnya, pemotongan hewan qurban baru dilakukan di hari kedua Idul Adha 1441 Hijriyah ini, yakni Sabtu (1/8/2020).

"Kalau sekarang kan waktunya lebih panjang," ungkap H.Nasruddin, ketua panitia pemotongan hewan qurban di lingkungan RT 03/05, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Tangsel.

"Sulit kita paksakan kemarin. Meski kita lakukan langsung setelah sholat Ied, tetap akan kepotong untuk sholat Jumat," ujar tokoh masyarakat yang disegani itu.

H.Nasruddin bersama sejumlah tokoh masyarakat lainnya, seperti H.Saripudin, H.Sodikin, H.Asngari, H.Kasno, serta ustaz Syaiful dan Arpan, ketua RT 0/05, sejak pagi sudah berkumpul di sebuah lapangan terbuka.

Lapangan tersebut memang biasa dipergunakan untuk berbagai keperluan warga. Pemotongan hewan qurban setiap tahunnya juga dilakukan di situ. Juga dimanfaatkan untuk pemungutan suara saat pilkada/pilpres. Kadang juga dimaanfatkan untuk bermain bulu tangkis.

Jumlah hewan qurban pada Idul Adha 1441 H ini, sebanyak dua ekor sapi dan 11 ekor kambing. H.Nasruddin menyebut, wajar jumlah hewan qurban fluktuatif. Penurunan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19 termasuk yang memengaruhi turunnya jumlah hewan qurban di banyak tempat. Namun, dia menyebut donasi hewan qurban di RT 03/05 Kelurahan Cipayung, Ciputat, Tangsel, ini, setiap tahunnya stabil.

"Partisipasi warga untuk berqurban cukup besar," kata H.Nasruddin, yang tahun ini juga berqurban satu ekor kambing. Pemotongan hewan qurban dilakukan mulai pukul 07.00 wib. Selesai menjelang tengah hari. Alhamdulillah lancar, H.Nasruddin bergumam.