JAKARTA - Kabar baik untuk penghafal Al Quran atau hafiz di Kota Surabaya. Pasalnya Pemkot Surabaya, lewat Dinas Pendidikan bakal memberi beasiswa untuk para penghafal Al Quran. Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M. Fikser juga membenarkan adanya beasiswa tersebut. Sebelumnya, kabar mengenai beasiswa ini pertama kali diunggah lewat akun instagram resmi Pemkot Surabaya. "Info beasiswa penghafal Al Quran memang benar," ujar Fikser, Minggu (27/5/2018).

Beasiswa tersebut dibuka untuk seluruh jenjang pendidikan. Dari mulai TK sampai mahasiswa. Namun untuk mendapatkannya, peserta bukan hanya diwajibkan untuk menghafal beberapa juz dalam Al Quran saja. Namun ada beberapa persyaratan yang ditetapkan.

Berikut kriteria yang ditetapkan untuk penghafal Al Quran :

1. Warga Kota Surabaya yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga/KTP
2. Jenjang SD/Ml atau sederajat: 10 (sepuluh) juz Al Quran
3. Jenjang SMP/MTs atau sederajat: 20 (dua puluh) juz Al Quran
4. Jenjang SMA/SMK/MA atau sederaja: 30 (tiga puluh) juz Al Quran
5. Mahasiswa D3/D4/S1/S2: 30 (tiga puluh) juz Al Quran
6. Berstatus pelajar/mahasiswa pada pendudukan formal maupun non formal jenjang satuan pendidikan SD/Ml, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, Pondok Pesantren atau yang sederajat dan Perguruan tinggi.

Sementara untuk kriteria yang diperlukan, peserta harus mengumpulkan beberapa hal yaitu :

1. Foto copy KK/KTP
2. Fotocopy Akte Kelahiran
3. Surat keterangan berstatus sebagai pelajar/mahasiwa dari sekolah/lembaga pendidikan/perguruan tinggi yang berada di Kota Surabaya
4. Surat pernyataan belum pernah kawin yang diketahui ketua RT/ RW (Khusus untuk Mahasiswa)
5. Surat Keterangan sehat yang dikeluarkan oleh Dokter Pemerintah (Setelah dinyatakan diterima)
6. Foto berwarna ukuran 4x6 sebanya 1 (satu) lembar.

Setelah itu untuk cara mendaftar, para calon peserta mendaftar dengan on line lewat situs http :// dispendiksurabaya. go. id serta mencetak formulir pendaftaran. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara offline dengan mengisi formulir yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Tidak hanya itu, peserta mesti menyerahkan semua persyaratan administrasi di Sekretariat Kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Jalan Jagir Wonokromo 354-356 Surabaya. Pendaftaran diterima paling lambat Jumat (6 Juli 2018) pukul 15.00 WIB. Dalam acara tersebut, Pemkot Surabaya tidak mengenakan biaya apapun dalam pendaftaran, alias gratis.