BREAKINGNEWS.CO.ID – Aktivis Muda Ahmad Latupono menilai jika pembangunan di Papua saat ini berjalan dengan baik di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hal tersebut dikarenakan, pendekatan yang dilakukan orang nomor satu di Indonesia itu berdasarkan pembangunan kemanusiaan bukan militerisme.

Disamping itu, Ahmad juga menyatakan jika hal tersebut merupakan sesuatu yang penting mengingat Papua adalah daerah yang penting di Indonesia.

"Selama ini Papua selalu bermasalah karena pendekatan yang dilakukan adalah militer. Ini tak tepat karena bisa menimbulkan gejolak disana," ungkap Ahmad dalam acara diskusi Papua dari Kacamata Anak Muda Dalam Bingkai Kebhinekaan di  Kopi Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (19/12/2018).

Ahmad Latupono juga menilai jika Jokowi adalah satu satunya presiden yang sangat perhatian dengan Papua. Buktinya, pembangunan jalan Trans Papua hanya terjadi saat ini.

"Pemimpin sebelumnya kurang memperhatikan Papua. Baru kali ini Papua diperhatikan," sambungnya.

Selanjutnya, Ahmad juga menilai jika adanya aksi-aksi kelompok bersenjata kali ini tak lepas dari kepentingan politik belaka.  Ia merasa jika ada kelompok yang sudah gerah dengan eksistensi pemerintahan Jokowi saat ini.

"Saya merasa ada kelompok yang gerah dengan eksistensi pemerintah saat ini melalui pembangunan yang dikakukan. Sehingga mereka berusaha mengganggu-ganggu. Kami harap ini ditindak tegas," pungkasnya Ahmad.

Mahasiswa Papua Jakarta Dukung Kebijakan Pemerintahan Jokowi

Sementara itu, Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa Papua Jakarta Raya (MPJR) juga menyatakan jika mereka mendukung semua kebijakan yang diambil oleh pemerintahan Jokowi. Mereka pun mengungkapkan jika akan terus berkomitmen untuk selalu cinta NKRI.

"Lewat deklarasi ini, kami mahasiswa Papua yang berada di Jakarta berkomitmen untuk tetap setia pada tanah air dan kecintaan kami terhadap Indonesia, NKRI itu harga mati," ungkap Koordinator mahasiswa Papua Cinta NKRI, Otis Riyo dalam acara deklarasi di Cikini, Menteng Jakarta Pusat pada Rabu (19/12/2018).

Otis juga menyebutkan beberapa poin deklarasinya yakni mahasiswa Papua Cinta NKRI ini mendukung semua kebijakan yang diambil oleh pemerintahan Jokowi, karena ingin mengangkat derajat serta martabat Papua. Dan ini terbukti, dengan tahapan transformasi menjadi salah satu wilayah termaju di Indonesia.

"Hal itu ditandai dengan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia. Mulai dari pembangunan infrastruktur hingga satu harga BBM," jelasnya.