BREAKINGNEWS.CO.ID - Penghargaan pemain terbaik Konfederasi Sepak Bola Afrika tahun 2018 atau CAF Player of the Year 2018 versi BBC, diberikan kepada pemain andalan Liverpool dan Timnas Mesir, Mohamed Salah. Salah memenangi penghargaan tersebut untuk kedua kalinya secara berturut-turut dan sesuai dengan prediksi masyarakat.

"Sungguh luar biasa bisa memenangi penghargaan ini lagi. Saya senang dan bisa lebih senang lagi apabila bisa memenanginya lagi pada tahun depan," kata Salah, Jumat (14/12/2018) waktu setempat.

"Ada banyak momen terbaik pada musim 2018. Laga melawan AS Roma di Liga Champions juga sungguh luar biasa. Saya mencetak banyak gol dan membantu tim berada di puncak. Ini perasaan yang luar biasa," lanjutnya.

Sejak bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2017 lalu, Salah saat ini sudah mengemas 57 gol dari 75 pertandingan di berbagai ajang. Dia juga membantu The Reds melaju ke final Liga Champions musim 2017-2018, meskipun pada akhirnya kalah dari Real Madrid dengan skor 1-3.

Hal itu yang membuat Salah pantas meraih penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2018. Dia menyingkirkan para kandidat lain, seperti Medhi Benatia (Juventus), Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal), Sadio Mane (Liverpool), Riyad Mahrez (Manchester City) dan Thomas Partey (Atletico Madrid).

Rekan satu tim Salah di Liverpool, Sadio Mane masuk daftar nominasi CAF Player of the Year mewakili Senegal. Sejumlah tim papan atas Afrika juga memiliki wakil seperti bomber Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang dari Gabon, Aljazair dengan bintang Manchester City, Riyad Mahrez serta Maroko mengirimkan bek Juventus, Medhi Benatia.

Yang mengejutkan, dalam nominasi tersebut tidak tercantum nama penggawa internasional Senegal lainnya, Kalidou Koulibaly. Padahal, Koulibaly berperan vital dalam pencapaian Napoli menjadi runner-up Serie A Italia musim lalu yang hanya terpaut empat poin dari kampiun Juventus. Koulibaly secara performa individu juga mengesankan sepanjang 2018, membantu Napoli mencatatkan 16 clean sheet di Serie A meski gagal membawa timnya lolos dari fase grup Liga Champions musim ini.