Miami – Peluang besar Philadelphia 76ers untuk melaju ke babak semifinal kian terbuka lebar. Hal itu dipastikan mereka usai sukses mencuri kemenangan di kandang Miami Heat, pada pertemuan keempat mereka dalam babak Playoff NBA 2017/2018 di Amerca Airline Arena, Minggu (22/4/2018). Dalam laga tersebut Sixers menang dengan skor 106-102.

Kemenangan ini juga membuat Sixers unggul dalam skor pertemuan menjadi 3-1 atas Heat. Dengan hasil ini, maka Sixers dan Haet hanya menyisahkan satu pertemuan lagi pada babak Playoff yang akan digelar pada 25 April mendatang di kandang Sixers. Jika Sixers berhasil menang di pertemuan kelima mereka itu, maka secara otomatis Sixers akan lolos ke babak semifinal Wilayah Timur NBA.

Meski berhasil meraih kemenangan, namun Sixers harus nemeras keringat berlebih untuk menahan gempuran dan perlawanan tuan rumah. Terbukti Heat yang tampil cukup baik membuat Sixers harus puas berbagi angaka sama 26-26 di akhir kuarter pertama. Pada kuarter kedua, Sixers bahkan harus mengakui keunggulan Heat dengan skor 30-35.

Kebangkitan Sixers baru terlihat di kuarter ketiga. Namun kebangitan mereka tak terlalu membawa pengaruh positif bagi Sixers. Pasalnya Sixers hanya mampu unggul setengah bola atas Heat dengan skor 23-22. Hasil itu masih membuat mereka tertinggal dengan margin tiga poin dalam pengumpulan torehan poin kedua tim.

Momen dramatis terjadi di kuarter empat. Sixers membalikkan keadaan dari tertinggal 10 poin menjadi unggul tujuh poin setelah memasukkan 19 poin berbanding dua di pertengahan kuarter empat. Sejak saat itu Sixers tak pernah lagi tertinggal.

Point guard Ben Simmons jadi bintang kemenangan Sixers kali ini. Pemain rookie ini mencetak triple double pertamanya di playoff NBA dengan 17 poin, 13 rebound dan 10 assists. Simmons menjadi rookie kelima atau yang pertama sejak Magic Johnson pada tahun 1980 yang mampu menorehkan triple double di ajang playoff. Top scorer Sixers di laga ini adalah JJ Redick. Pemain senior ini menorehkan 24 poin. Di kubu Heat, pemain veteran Dwyane Wade juga tampil cemerlang sebagai pemain cadangan dengan membuat 25 poin.