BREAKINGNEWS.CO.ID - Kerja sama dengan sejumlah BUMN terus dilakukan bahkan diperluas oleh Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung. Salah satu kerja sama terbaru adalah saat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) merangkul PT Pertamina (Persero) dalam rangka menjamin kelancaran penyediaan energi dan ketahanan energi nasional. Hal ini diharapkan akan membuat harga yang lebih efisien.

“Konsep ini bisa dihadirkan dengan memanfaatkan potensi kedua BUMN,” ujar Doso Agung yang pada Selasa (27/11/2018) menandatangani MOU sebagai langkah awal rencana kerja sama antara Pertamina dan Pelindo III di Bali.

Selain itu pada Selasa (26/11/2018) juga dilakukan Focus Group Discussion untuk melihat potensi bisnis atas kerja sama yang dilakukan oleh kedua BUMN tersebut. Pertamina dan Pelindo III memang dua BUMN yang memiliki tugas sangat penting dalam mendistribusikan logistik di beberapa wilayah Indonesia.

Pelindo III yang memiliki tugas pokok sebagai penghubung transportasi antar pelabuhan. Pelindo III sendiri merupakan salah satu BUMN yang bergerak dalam jasa layanan operator terminal pelabuhan. Sebagai jembatan penghubung antar pulau maupun antar negara, peranan pelabuhan sangat penting dalam keberlangsungan dan kelancaran arus distibusi logistik.

Sementara Pertamina sendiri juga memiliki tugas penting dan sangat besar, salah satu  yakni mendistribusikan BBM ke seluruh pelosok negeri. Pertamina juga dibebani tanggung jawab dan tugas untuk melaksanakan kebijakan BBM satu harga. Menurut Doso Agung, kerja sama antara Pelindo III dan Pertamina akan saling mendukung demi menciptakan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Kegiatan FGD ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Usaha Energi Logistik, Kawasan dan Pariwisata (ELKP) Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah. Erwin juga turut menyaksikan penandatangan MOU antara Pertamina dan Pelindo III pada Selasa lalu.