BREAKINGNEWS.CO.ID – Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, melontarkan kritikan untuk jadwal kick off Liga Primer Inggris yang terlalu cepat dimulai tidak lama setelah Piala Dunia 2018 berakhir.

Southgate menganggap jadwal Liga Inggris musim 2018/2019 berisiko menyebabkan cedera pada para pemain. Southgate prihatin dengan kondisi anak-anak asuhnya yang minim istirahat setelah tampil di Piala Dunia 2018. Padatnya jadwal pramusin juga bisa membuat kesegaran psikologis pemain terganggu. "Saya pikir itu merupakan kesegaran psikologis dibandingkan kebugaran fisik. Ada banyak cedera pemain di seluruh liga kami. Saya tidak tahu tentang bagian Eropa yang lain," kata Southgate.

"Saya tidak mengerti mengapa pertandingan kami dimulai sangat awal, akan tetapi mereka melakukannya dan ini merupakan situasi yang sulit bagi klub," sambung Southgate dikutip dari The Guardian, Senin (15/10/2018). Mantan pemain Aston Villa itu juga memberikan contoh Tottenham Hotspur yang paling banyak memberikan pemainnya di timnas Inggris. Akan tetapi, mereka tidak punya banyak waktu istirahat serta langsung fokus menghadapi pertandingan kasta tertinggi di Inggris.

Liga Primer Inggris memulai kompetisinya lebih awal dari negara-negara Eropa yang lain. Kick off pertandingan teratas di Tanah Britania itu berlangsung pada 10 Agustus 2018 lalu, 27 hari setelah timnas Inggris dikalahkan Belgia pada perebutan peringkat ketiga Piala Dunia 2018. Liga Italia dan Spanyol baru diselenggarakan satu pekan setelah Liga Inggris. Sementara Bundesliga 2018/2019 baru dimulai dua pekan setelah Liga Inggris.

"Saya tidak mengerti mengapa [FA membuat jadwal mepet] dan saya baru menyaksikan kapan liga dimulai saat kami kembali dari Piala Dunia. Mungkin mereka berharap kami [kalah] kembali pada akhir Juni 2018," ucap Southgate. Timnas Inggris akan menghadapi Spanyol pada lanjutan Liga A Grup 4 UEFA Nations League di Stadion Benito Villamarin, Selasa (15/10) dini hari WIB.

Prediksi Susunan Pemain Spanyol vs Inggris:

Spanyol (4-3-3): De Gea, Azpilicueta, Nacho, Ramos, Alonso, Koke, Busquets, Thiago, Asensio, Rodrigo, Alcacer.

Pelatih: Luis Enrique.

Inggris (4-3-3): Pickford, Walker, Gomez, Maguire, Chilwell, Maddison, Dier, Barkley, Sterling, Kane, Rashford.

Pelatih: Gareth Southgate.