JAKARTA - Pemain Naturalisasi kepunyaan Bhayangkara FC, Herman Dzumafo tidak tampil reguler hingga pekan ke-8 Liga 1.

Ia hanya tiga kali tampil sebagai starting line up. Sementara sisanya, ia memulai dari bangku cadangan. Padahal, pemain 38 tahun itu mampu berkontribusi dengan sumbangan tiga gol yang telah dikumpulkannya sejauh ini.

Pelatih Simon McMenemy, mengungkapkan, kalau Dzumafo memainkan peran yang diisi oleh Ilham Udin pada musim 2017.Ia dinilai bisa memberikan hal beda kita tim membutuhkan.

"Musim lalu Spaso (Ilija Spasojevic) dan Dendi (Sulistyawan) biasanya kami tarik untuk digantikan Ilham. Sekarang kami punya dia (Dzumafo) Ilham bisa kasih perbedaan ketika pertahanan lawan sudah kelelahan," ujarn Simon, Rabu (16/5/2018).

Eks pelatih timnas Filipina itu menyebut bahwa kondisi Dzumafo juga sudah tak memungkinkan untuk tampil sejak awal dan bahkan bermain secara penuh.

"Kondisinya musim ini antara Dzumafo dan Ilham sama. Dzumafo bagus menghadapi pertahanan lawan. Dzumafo bisa kasih sesuatu, dia punya kelebihan," kata Simon.

"Berat bagi dia untuk bermain penuh selama 90 menit. Ini juga taktik sebenarnya memainkan dia di babak kedua," ujarnya, menambahkan.